Tidak Sekadar PLTA, Waduk Riam Kanan Juga Destinasi Wisata Andalan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Tahun ini usia Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Waduk Riam Kanan mencapai 50 tahun. Seiring waktu, danau buatan inipun menjadi destinasi wisata andalan Kalimantan Selatan.

Ya, tidak sekadar PLTA, ragam spot wisata pun tersedia di Waduk Riam Kanan. Mulai dari jejeran pulau dengan keunikannya sendiri, perairan, hingga pemandangan indah dari ketinggian.

Waduk Riam Kanan yang jadi objek wisata ini diresmikan Presiden Soeharto pada 1973. Sebagai pembangkit listrik, namanya pun sudah berubah menjadi PLTA Gusti Muhammad Noor.

Melansir pariwisataindonesia.id dan indonesiatraveler.id, Rabu (11/10/2023), perencanaan pembangunan waduk Riam Kanan mulai dirancang sekitar 1958-1959.

Yang merancang atau menggagas adalah Gubernur Kalimantan Selatan kala itu, Gusti Pangeran Mohammad Noor. Maksudnya adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik yang selama itu dipasok oleh PLTD.

Pada praktiknya waduk ini membendung delapan sungai yang mengalir dari Pegunungan Meratus. Pembangunan fisiknya baru dimulai pada 1963 dan kemudian diresmikan oleh presiden Soeharto pada 1973.

Lokasinya berada di Desa Aranio, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Atau, sekitar 25 kilometer dari Banjarbaru atau 60 kilometer dari Banjarmasin.

Dari Banjarmasin butuh waktu sekitar 2-3 jam untuk mencapai tepian waduk di Pelabuhan Tiwingan atau Pelabuhan Riam Kanan , yang merupakan titik kumpul perahu untuk menuju pulau-pulau kecil di tengah waduk.

Melansir nativeindonesia.com, Rabu (11/10/2023), Waduk Riam Kanan ini di kelilingi 13 Desa yakni Desa Tiwingan Lama, Tiwingan Baru, Liang Toman, Kalaan, Banua Riam, Bunglai, Bukit Batas, Apuai, Rantau Bujur, Balangian, dan sebagainya.

Kawasan ini terletak di dalam Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam dan lebih luasnya lagi di Geopark Pegunungan Meratus, Provinsi Kalimantan Selatan.

Yang jelas Waduk Riam Kanan merupakan danau buatan terbesar yang ada di Kalimantan Selatan, keberadaannya difungsikan sebagai sumber air untuk PLTA.

Nah, karena keindahan alam yang dimiliki, Waduk Riam Kanan pun sering digunakan pengunjung untuk berwisata menikmati ketenangan di danau buatan yang satu ini.

Berikut merupakan beberapa daya tarik yang dimiliki Waduk Riam Kanan:

  1. Alam yang Masih Asri
    Daya tarik Waduk Riam Kanan yang pertama adalah sajian panorama alam yang masih asri. View di kawasan ini sangat memanjakan mata pengunjung.
  2. Spot Favorit Memancing
    Waduk Riam Kanan bisa menjadi lokasi terbaik untuk melakukan aktivitas memancing. Terdapat beberapa pilihan lokasi untuk memancing, baik di tepian waduk maupun ke tengah-tengahnya.
  3. Banyak Objek Wisata
    Waduk Riam Kanan memiliki ragam objek wisata. Sebut saja Pulau Pinus, Bukit Batas, Pulau Bekantan, Pulau Rusa, dan sebagainya
  4. Arena Kemah
    Di Waduk Riam Kanan terdapat banyak arena kemah. Suasana tenang, nyaman, udara yang sejuk, adalah beberapa kenikmatan saat melakukan camping di kawasan ini.

Demikian tentang Waduk Riam Kanan, sebuah destinasi wisata dan tidak sekadar PLTA yang ada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment