Cacapan Asam Belimbing Wuluh dengan Ikan Asin: Ini Resep dan Cara Membuatnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Menyantap ikan asin dengan nasi panas memang tak pernah gagal, apalagi ditemani dengan sambal pedas. Nah, bagaimana jika didampingi cacapan asam belimbing wuluh?

Tentunya ikan asin itu semakin sedap. Pasalnya, cacapan asam memang dikenal sebagai kuliner pendamping yang nikmat. Belum lagi ditambah belimbing wuluh, pasti lebih segar.

Artinya, asin dari ikan asin akan berpadu dengan rasa asam, pedas, dan gurih dari cacapan asam plus kesegaran belimbing wuluh. Siapa yang bisa menolak kenikmatan itu?

Melansir budaya-indonesia.org dan mahmudahpips2016.blogspot.com, Jumat (6/10/2023), belimbing wuluh adalah salah satu buah yang memang sering dipakai dalam kuliner cacapan asam.

Selain itu, cacapan asam juga bisa diolah dengan mangga muda , jeruk nipis, limau kuit atau jeruk purut, binjai, ataupun buah gandaria. Secara umum kuliner ini mirip acar.

Khusus buah gandaria, hanya bisa digunakan pada musim tertentu saja. Hal ini dikarenakan buah gandaria hanya berbuah setahun sekali saja.

Nah, belimbing wuluh tentu berbeda dengan buah gandaria. Belimbing wuluh cenderung gampang didapat. Jadi, bahan bakunya cenderung gampang ditemui.

Pun, dalam prosesnya, cacap asam belimbing wuluh ini bisa dicampur langsung dengan ikan asin. Artinya, dia tidak terpisah. Tidak seperti cocolan kebanyakan.

Ya, dalam bahasa Banjar, cacapan berarti cocolan. Jadi, cacapan asam menurut orang Banjar adalah cocolan asam. Dan, asam khas dari cacapan asam ini yaitu asam jawa dan buah-buahan yang berasa asam.

Nah, biasanya cacapan asam sering dijadikan pendamping makanan seperti ikan bakar, ikan goreng, dan lain-lain. Namun, ada yang menikmatinya dengan terong bakar maupun pucuk daun ubi rebus hingga telur rebus.

Berikut resep dan cara membuat cacapan asam belimbing wuluh plus ikan asin secara umum seperti dilansir kisarasa.biz.id, Jumat (6/10/2023):

Bahan

  • Secukupnya ikan asin (jenis bebas)
  • 5 siung bawang putih yang digoreng utuh dengan kulitnya, iris tipis
  • 3 siung bawang merah, iris tipis (boleh digoreng layu juga)
  • 4 buah belimbing wuluh (jumlahnya bisa ditambah sesuai selera), iris tipis
  • Secukupnya terasi bakar
  • Secukupnya asam Jawa
  • Cabai rawit, jumlahnya sesuai selera
  • Garam, penyedap rasa
  • Secukupnya air

Cara Membuat

  1. Campur semua bahan menjadi satu kecuali ikan asin, tuang air secukupnya lalu aduk (remas hingga rata).
  2. Koreksi rasa kuahnya, jika sudah pas masukan ikan asin goreng atau ikan asin yang dikukus.
  3. Cacapan asam belimbing wuluh plus ikan asin sudah siap disantap dengan nasi panas.

Demikian informasi soal cacapan asam yang memakai belimbing wuluh plus ikan asin. Sebuah kuliner khas Banjar yang menggugah selera. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment