TikTok Shop Indonesia Resmi Ditutup, Alice Norin Buka Suara: Bukan Sekadar Artis Ikut Jualan!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Selebritis Tanah Air yang turut berjualan di TikTok disebut-sebut menjadi salah satu alasan tutupnya TikTok Shop Indonesia mulai 4 Oktober 2023.

Faktanya sederet selebritis Tanah Air memang turut meramaikan lapak TikTok Shop dengan berjualan aneka produk. Sebutlah Dr. Richard Lee, Fuji, Nikita Mirzani hingga Alice Norin.

TikTok Shop pun makin populer karena para selebritis Tanah Air itu juga memamerkan penghasilannya selama berjualan di TikTok Shop, bahkan mengejutkan pendapatan mereka ini meraup hingga milyaran rupiah.

Ramainya selebritis Tanah Air yang berjualan di TikTok Shop itu juga sempat menimbulkan wacana tentang UMKM yang sepi pembeli karena pengguna TikTok lebih memilih menonton jualan para artis tersebut.

Keluhan para pedagang offline yang juga memanfaatkan TikTok Shop pun beredar di banyak pemberitaan media massa, bahkan pernah ada konten salah satu pedagang di Tanah Abang yang mengungkapkan di media sosialnya, jika penyebab sepinya pembeli di usahanua karena ulah artis yang ikut-ikutan berjualan di TikTok Shop.

Terbukti dari pengalamannya juga pengalaman pedagang offline lainnya, live TikTok Shop yang dia lakukan sepi penonton. Dengan kata lain, bagaimana dagangannya bisa laku, kalau yang menonton saja tidak ada.

Sementara di saat yang sama, beberapa selebritis Tanah Air justru pamer pendapatan hasil berjualan di TikTok Shop.

Terang saja wacana bahwa TikTok Shop tidak mendukung UMKM terbangun menjadi narasi yang mempublik. Namun sisi lain, selebritis yang menjadikan TikTok Shop sebagai upayanya untuk menjadi berdaya sebagai perempuan juga mulai bersuara.

Alice Norin salah satunya, lewat media sosialnya Alice mengungkapkan kesedihannya dengan ditutupnya TikTok Shop Indonesia.

"Ini bukan sekadar karena artis juga ikut jualan di TikTok Shop, tapi ada banyak orang yang menggantungkan rezekinya disini," ungkapnya, melansir Instagram-nya, Jumat (6/10/2023).

Alice membuat sebuah video yang menggambarkan situas live terakhirnya berjualan di TikTok Shop, dan terlihat dalam video itu Alice memiliki banyak pegawai perempuan yang turut andil dalam usahanya itu.

Dan di detik-detik berakhirnya TikTok Shop Indonesia, Alice bersama pegawai-pegawainya pun tak bisa lagi menyembunyikan rasa sedih mereka.

"Gak apa-apa ya, kita bisa lebih kuat dari ini ya," kata Alice seraya memeluk karyawannya.

Diketahui TikTok secara resmi telah mengumumkan jika TikTok Shop Indonesia ditutup sejak 4 Oktober 2023. Keputusan ini dilakukan untuk mentaati peraturan yang dikeluarkan pemerintah. TikTok tidak diperkenankan mencampur fungsi sosial dan bisnis dalam satu aplikasi.

Itu berarti TikTok harus membuat secara khusus wadah e-commerce serupa dengan kehadiran e-commerce lainnya, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Aturan ini juga berlaku untuk semua platform media sosial, tanpa kecuali.

Aturan itu juga menyebutkan platform media sosial hanya boleh untuk mempromosikan bukan untuk berjualan. Hingga saat ini pro dan kontra ditutupnya TikTok Shop Indonesia bergulir di media sosial. (Adelina). ***

Leave a comment