Lima Pilihan Wisata Pantai di Takisung, Tanah Laut: Menghadap Langsung Laut Jawa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Bicara soal wisata pantai di Kalimantan Selatan mungkin Tanah Laut bisa menjadi pilihan utama. Di wilayah yang menghadap Laut Jawa ini berjejer banyak pantai, salah satunya di Kecamatan Takisung.

Di Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, setidaknya ada lima pantai yang sudah populer sebagai destinasi wisata. Sebut saja Takisung, THR Papadaan, Batu Lima, Tabanio, Karindangan.

Pantai Takisung munngkin lebih dulu populer, meski begitu bukan berarti destinasi wisata lain tidak menarik. Masing-masing memiliki kelebihan dan andalan Kabupaten Tanah Laut.

Melansir dispar.tanahlautkab.go.id, Selasa (3/10/2023), Pantai Takisung adalah merupakan obyek wisata pantai yang memesona dengan pemandangan pantai dengan aktivitas jual beli ikan segar maupun ikan kering langsung dari nelayan.

Dinamakan Pantai Takisung karena pantai ini terletak di Desa Takisung, Kecamatan Takisung. tepatnya di sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Berjarak kurang lebih 22 km dari Pelaihari, ibukota Tanah Laut.

Menariknya, meskipun Pantai Takisung merupakan Laut Jawa, namun ombaknya tidak besar seperti halnya pantai selatan Pulau Jawa. Artinya, aman untuk wisata maupun menjadi pemukiman.

Sebagai objek wisata, Pantai Takisung bisa digolongkan obyek wisata pantai yang memesona dengan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pohon-pohon kelapa dengan pasirnya yang cokelat seperti air lautnya.

Pun banyak pasar-pasar yang menjual jajanan khas pantai mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang langsung dari nelayan.

Nah, selain Pantai Takisung yang sudah tersohor, ini empat pantai lain yang ada di Kecamatan Takisung, Tanah Laut:

  1. Pantai THR Papadaan
    Pantai THR Papadaan bisa dikatakan menemani pantai yang sudah lama terkenal yaitu Pantai Takisung. Lokasi Pantai THR Papadaan memang tak jauh dari Pantai Takisung, sekitar dua kilometer.

Lebih tepatnya pantai ini dekat perbatasan antara Desa Takisung dan Desa Pagatan Besar, masih di wilayah Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Luat.

  1. Pantai Batu Lima
    Pantai Batu Lima berada di Desa Kuala Tambangan Kecamatan Takisung sekitar 35 km dari Kota Pelaihari. Kawasan pantai ini cukup luas sekitar 70 hektare.

Fasilitas yang tersedia seperti cottage yang bisa disewa sebanyak 18 buah dan dilengkapi dengan taman bermain anak. Terdapat juga shelter untuk tempat bersantai dengan pemandangan batu sebanyak lima buah di bibir pantai sebagai sebuah legenda.

  1. Pantai Tabanio
    Pantai ini berada di Desa Tabanio, Kecamatan Takisung, satu wilayah di Kabupaten Tanah Laut. Pantai ini memiliki keindahan dan hiasan yang berbeda dari pantai sebelumnya, Takisung.

Pantai Tabanio memiliki nilai keindahan berupa adanya pohon besar di pinggiran pantainya dan memiliki tanah pasir yang bersih dan biota laut seperti kerang dan si Umang yang dapat dengan mudah ditemukan di sini.

  1. Pantai Karindangan
    Pantai ini berada di Desa Pegatan Besar, Takisung, Kabupaten Tanah Laut. View Pantai Karindangan tidak kalah jauh indahnya dari Pantai Tangkisung dan Tabanio yang berada di sekitarnya.

Setiap akhir pekan, pantai ini kian ramai. Tidak terlalu menguras kantong. Fasilitas yang disediakan di lokasi pantai berupa kamar mandi, WC umum, musala, dan spot foto lainnya seperti ayunan dan bambu rafting.

Demikian ragam pilihan wisata pantai yang ada di Kecamatan Takisung, Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment