Menikmati Ragam Aktivitas Wisata di Pantai Takisung, Destinasi Primadona Tanah Laut: Ada Batu Bejanggut

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, memiliki sebuah destinasi yang menjadi primadona warga. Objek wisata yang dimaksud adalah Pantai Takisung.

Pantai Takisung ini berhadapan langsung dengan Laut Jawa, namun destinasi wisata ini tidsk 'seram'. Pantai promadona di Tanah Laut ini cenderung 'ramah'.

Pun, banyak ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Takisung. Itulah sebab, destinasi wisata andalan Tanah Laut ini menjadi primadona warga.

Melansir itrip.id, Selasa (3/10/2023), nama pantai ini diambil dari nama desa letak pantai ini berada, yaitu Takisung. Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Hal ini tidak hanya karena pemandangannya yang sangat indah, melainkan juga karena fasilitas yang disediakan tergolong cukup lengkap. Variasi wisata yang dapat dipilih juga beragam.

Selain itu, cara penataan dan kondisi dari objek wisata di Pantai Takisung cukup baik dan terawat. Dinas Pariwisata daerah setempat memang mengelola dengan baik wilayah ini.

Bahkan Pemerintah Kabupaten setempat juga turun langsung untuk mengawasi fasilitas yang telah tersedia di tempat ini. Sehingga, wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan aman.

Pantai Takisung menawarkan pemandangan eksotis yang begitu elok dipandang. Luasnya hamparan pasir pantai serta deretan pepohonan kelapa yang tinggi menjulang menjadi daya tarik tempat ini.

Ombak yang terdapat di Pantai Takisung ini tidak seperti besarnya ombak di daerah pantai selatan Pulau Jawa sehingga aman kegiatan wisata maupun pemukiman. Pantai Takisung termasuk dalam jenis pantai yang berpasir.

Tak jauh dari wilayah Pantai Takisung, ada sebuah batu dengan ukuran yang besar berada di tengah laut yang dikenal dengan sebutan Batu Bejanggut (Berjanggut). Batu ini dipenuhi dengan lumut sehingga teksturnya licin.

Nah, karena penuh lumut, penduduk setempat menggunakan bahasa daerah untuk menamainya. Untuk sampai di batu itu, wisatawan dapat menggunakan jasa perahu yang tersedia.

Berikut beberapa aktivitas wisata yang bisa dinikmati di Pantai Takisung:

  1. Menikmati Keindahan Pantai
    Di tepi pantai, wisatawan dapat merasakan hembusan angin yang begitu sejuk serta menikmati keindahan panorama pantai sembari duduk santai di sebuah tenda. Pengunjung akan merasakan rileks dengan aktivitas ini.
  2. Menyaksikan Aktivitas Warga
    Di pantai ini para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas warga setempat, baik itu merupakan industri berskala rumahan yang meliputi membuat olahan khas Tanah Laut ataupun aktivitas masyarakat setempat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.
  3. Berenang
    Pengunjung yang senang bermain air, dapat dengan leluasa bermain di sini. Bahkan wisatawan juga dapat berenang, karena ombak di pantai hits ini tergolong kecil, sehingga tidak membahayakan apabila digunakan untuk berenang.
  4. Bermain Pasir
    Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga dan anak-anak, biasanya sangat menyenangkan apabila bermain pasir di sini. Anak-anak senang untuk bermain di pasir dengan membuat bentuk berbagai jenis objek dari pasir.
  5. Menikmati Sunset
    Wisatawan juga dapat menikmati senja di tepian pantai, memandang matahari yang tenggelam. Aktivitas ini dapat dilakukan di pantai ini karena wilayah di sini termasuk dalam wilayah yang menghadap ke arah barat. Saat matahari yang sedang tenggelam ini merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh pengunjung karena seakan matahari ditelan oleh laut yang luas.
  6. Bermain Motor ATV
    Di tempat ini, wisatawan dapat mengelilingi Pantai Takisung dengan mengendarai motor atv. Pastinya mengendarai motor ini di daerah berpasir akan menciptakan pengalaman berlibur yang menyenangkan,karena medannya sangat berbeda dengan jalan yang beraspal.
  7. Bermain Banana Boat
    Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu bermain banana boat. Banana boat ini nantinya akan ditarik dengan menggunakan perahu. Kecepatan perahu ini juga tergolong cepat, sehingga juga dapat memacu adrenalin.
  8. Aneka Spot foto
    Pengunjung yang ingin mengabadikan dirinya alam potret bisa memanfaatkan beberapa spot foto menarik yang disediakan di Pantai Takisung. Ada dopt foto buatan maupun yang alami.

Yang jelas, Pantai Takisung memang menyediakan berbagai jenis sarana untuk mendukung aktivitas berlibur para pengunjung. Fasilitas yang tersedia di tempat ini diantaranya perahu.

Perahu ini disewakan untuk berlayar di laut biru. Ada pelampung dan ban yang disewakan untuk wisatawan yang ingin berenang, serta banana boat baik dewasa maupun anak-anak.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan tempat persewaan tenda dan payung dengan ukuran yang besar dengan alas karpet. Jadi, pengunjung tidak akan khawatir kepanasan atau kulitnya terbakar sinar matahari yang begitu terik.

Demikian soal ragam aktivitas wisata di Pantai Takisung, Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment