Viral Warga Yogyakarta Dikejutkan Fenomena Benda Langit Bercahaya, Masyarakat Auto Minta Kaya dan Mobil

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Fenomena benda langit yang bercahaya menghiasi kota Yogyakarta terekam video warga. Banyak dari mereka merasa terkejut dan terkesima saat melihat hal itu.

Bahkan, video benda langit yang bercahaya dan menghiasi malam kota Yogyakarta ini viral di berbagai sosial media. Sebab, warga setempat langsung mengabadikan momen unit itu dan mengunggahnya di medsos.

Selain itu, fenomena benda langit bercahaya di dalam video tidak hanya disaksikan oleh warga Yogyakarta. Di wilayah lain, seperti di Desa Cintaasih, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut juga melihat serupa di langit malam.

Video tentang benda langit dan sempat membuat warga Yogyakarta geger ini bisa dijumpai di beberapa platform sosmed. Salah satunya pemilik akun @merapi_uncover, mengunggahnya pada Kamis (14/9) siang.

"Belum lama ini terlihat cahaya merah kekuningan agak panjang di langit dari selatan menuju ke arah utara. Entah cahaya apa itu…," tulis deskripsi pada video viral.

Akun ini mengunggah beberapa kumpulan video benda langit itu dalam beberapa threads. Sehingga, sudut pandang dari segala arah bisa terlihat jelas meski terjadi di malam hari.

Di dalam video tersebut, nampak sebuah bulatan cahaya langit seperti bola yang terbakar berterbangan di langit malam. Pendaran sinarnya cukup terang meski dilihat oleh mata telanjang.

Durasinya juga terbilang lama, sebab benda bercahaya itu terus bergerak dengan ekor apinya menuju ke arah utara. Tidak ada ledakan saat detik-detik sinarnya meredup.

Mendapati fenomena langkah ini, sebagian rekaman video merekam teriakan salah seorang warga Kecamatan Semarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengucapkan permohonan agar mendapatkan mobil Mitsubishi Pajero.

"Pajero, Pajero, abi hoyong Pajero (saya mau Pajero)," ucap suara seseorang dengan setengah berteriak.

Hal itu disebabkan benda langit tersebut dianggap sebagai bintang jatuh. Mitos yang beredar, bila melihat bintang jatuh segeralah mengucapkan permohonan agar segera terkabul.

Netizen yang mengaku juga melihat hal itu juga menceritakan permohonannya saat bintang jatuh melintas di depan matanya.

"Aku pas ndelok langsung reflek ngomong "sugeh sugeh sugeh"," tulis akun @Ricorianprtm, menceritakan permohonannya agar segera terkabul.

Bagi yang lain, fenomena unik di dalam video itu merupakan momen pas untuk mengarang sebuah puisi bagi kekasih yang tersayang.

"Cahaya cinta perlahan menyilaukan. Itulah mimpi kehidupan kedua," komentar akun @Vvenedevici.

Puisi ini sebenarnya terdengar mirip dengan lagu pembukaan film anime Dragon Ball. Oleh sebab itu, warganet lain membalasnya dengan "Majulah Dragon Ball,".

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono yang sudah mengetahui video viral tersebut, menyebut kemungkinan besar benda langit itu adalah meteor.

"Kalau pengamatan langsung dari BMKG kita belum ada ya tapi untuk melihat dari kejadian itu, itu adalah sebuah meteor yang jatuh atau istilahnya bintang jatuh," kata Warjono, Jumat (15/9).

Lebih lanjut Warjono menjelaskan, bahwa dugaan meteor itu tidak sampai jatuh ke bumi. Hanya saja ketika berada di atmosfer sudah hancur.

"Biasanya sudah habis. Kalau itu meteor biasanya habis, jarang yang sampai di bumi. Iya yang masuk ke atmosfer," ujarnya.

Menurutnya, fenomena ini sudah biasa yang terjadi. Bukan karena berkaitan dengan hal tertentu yang bersifat mistis.

"Ya wajar aja sih kalau bintang jatuh itu, memang biasa kelihatan besar. Hal yang biasa lah kalau meteor," pungkasnya

Selama artikel ini ditulis, beberapa video yang merekam peristiwa itu terus menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka menceritakan permohonannya saat melihat benda langit yang bercahaya tersebut. (Dzikrullah) ***

Leave a comment