Lima Destinasi Wisata di Desa Sanggu, Barito Selatan: Dari Rawa Berair Merah hingga Danau Keramat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Desa Sanggu di Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, memiliki ragam wisata air yang bisa dinikmati. Setidaknya ada dua danau pun rawa yang airnya berwarna merah.

Namun, rawa yang berair merah di Sanggu itu bukan karena limbah, dia berasal dari getah pepohonan. Pun, danau, masih asri dan dikeramatkan oleh warga Barito Selatan.

Rawa yang dimaksud adalah Rawa Wendu sementara danau yang dikeramatkan adalah Danau Melawen. Selain itu, di Sanggu Barito Selatan, juga ada satu pemandian lain serta satu danau lagi.

Melansir pariwisata.kalteng.go.id dan masterplandesa.com, Selasa (12/9/2023), tempat wisata di Kalimantan Tangah ini memang dikelola dengan cukup baik, mulai dari fasilitas dan juga akses jalannya.

Nah, berikut destinasi air yang ada di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan:

  1. Rawa Wendu
    Destinasi ini disingkat namanya menjadi Rawen. Pemandian Rawen memiliki air yang berwarna merah. Karena air yang berwarna merah itulah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Air yang berwarna merah ini bukan kotor atau tercemar, tapi warna merah ini diakibatkan oleh getah yang dihasilkan pepohonan yang ada di sekitar kolam. Ditambah lagi tanahnya merupakan tanah gambut yang membuat air yang mengalir ke sungai berwarna merah.

Selain uniknya sunga yang berwarna merah ini, konon siapa saja yang mandi di Pemandian Rawen kulitnya akan menjadi putih bersih. Maka tidak heran, banyak wisatawan yang antusias untuk datang ke Pemandian Rawen ini, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

  1. Banyu Habang
    Wisata Banyu Habang adalah tempat pemandian alam dengan ciri khasnya air yang berwarna merah. Hampir sama dengan Rawen, objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata renang dengan pemandangan alam.

Dalam bahasa Banjar "banyu habang" berarti air merah. Destinasi wisata ini dihiasi dengan lima ratus lebih spesis anggrek yang menjadi salah satu daya tarik para wisatawan.

  1. Danau Sanggu
    Danau Sanggu ini terletak di Desa Sanggu yang berjarak 20 Km dari Kecamatan Dusun Selatan. Keunikan danau ini adalah karena menyatu dengan Danau Malawen.

Keunikan lain dari danau ini adalah karena di seberang danau terdapat lokasi makam/pekuburan warga. Anda dapat menikmati sejuknya bersantai di pinggiran danau sanggu sambil menikmati buka kelapa dingin yang menyejukkan.

Bagi yang hobi memancing, di danau ini juga terdapat beragam jenis ikan yang mampu hidup di air yang berwarna merah kecokelatan karena airnya berasal dari akar-akaran yang tumbuh dan hidup di bawahnya.

  1. Danau Malawen
    Danau dikeramatkan oleh Suku Dayak ini terkait dengan cerita rakyat yang begitu hidup di masyarakat. Yakni tentang soal "Legenda Kumbang Bernaung".

Terlepas dari itu, danau memang memiliki pesona yang begitu indah. Adanya pepohonan kelapa yang tumbuh di pinggiran danau, membuat pemandangannya sekilas hampir mirip pantai.

Danau Malawen ini hampir sama dengan danau yang ada di sebelahnya yakni Danau Sanggu yang juga memiliki fasilitas seperti gazebo, wahana air bebek-bebekan, dan area pemancingan. Dan yang lebih mengesankan adalah adanya taman anggrek dengan ragam jenisnya.

  1. Lewu Betang Nansarunai
    Sedikit beda dengan empat destinasi wisata lainnya, Lewu Betang Nansarunai cenderung menjadi wisata alam dalam artian lebih luas. Berdiri di lahan seluas 8,8 hektare, obyek wisata ini dibangun sejak Februari 2019.

Destinasi ini dikelilingi hutan asli Borneo dengan kayu terbaik, juga didesain dengan nuansa etnik khas Dayak Ma’anyan, baik arsitektur bangunan maupun wahana lainnya.

Misalnya, pondok khas Dayak Ma’anyan lengkap dengan peralatan yang biasa digunakan sehari-hari oleh masyarakat Dayak Ma’anyan. Ada pula galeri seni, museum mini, pemancingan, tempat menginap tradisional hingga area perkemahan dan lokasi konservasi anggrek.

Demikian soal destinasi yang ada di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment