PTPN XIII Bagikan 343 Sertifikat Plasma kepada 343 Petani

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - PT Perkebunan Nusantara XIII atau PTPN XIII menyerahkan Sertifikat Hak Milik atau SHM Kredit Koperasi Primer Anggota KKPA lahan plasma kepada 343 petani yang telah melunasi kredit.

Penyerahan ini dilakukan di Kantor Koperasi Unit Desa atau Jaman Bertuah, Desa Sungai Jaman, Kabupaten Sanggau, 14 Agustus 2023.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Sanggau Paolus Hadi, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Tokoh Adat, Masyarakat, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XIII Diar Nugraha Gumelar, dan Kepala Bagian Plasma PTPN XIII Azizah, serta Group Manager Kalimantan Barat Sutrisno.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengapresiasi kerja sama baik antara PTPN XIII dengan petani. Kerja sama itu telah memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Perkebunan salah satu sumber pendapatan utama masyarakat Kabupaten Sanggau. Saya senang melihat bagaimana kerja sama antara PTPN XIII dan petani dapat memberikan dampak positif pada masyarakat," ucapnya.

Paolus Hadi berpesan agar sertifikat yang sudah diterima dapat dijaga dengan baik dan tidak diperjual belikan, karena sertifikat ini menjadi modal untuk mengikuti Program Replanting yang digagas oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS.

"Di mana petani akan mendapatkan bantuan atau hibah sebesar Rp30 juta rupiah per hektare," ujarnya.

Dia berpesan agar sertifikat yang diberikan dapat dijaga agar bisa menjadi aset untuk keberlangsungan jangka panjang.

“Jangan dijual. Karena sertifikat ini adalah harta bapak ibu. Karena ini merupakan perjuangan penantian selama 24 tahun,” katanya.

Kepala Bagian Plasma, Azizah yang mewakili Direktur PTPN XIII mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sanggau yang hadir dalam acara ini.

"Ini adalah bukti bahwa upaya kami dalam mengembangkan perkebunan berkelanjutan dan kesejahteraan petani mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah," terangnya.

Selain pemberian sertifikat,kegiatan ini juta juga menjadi ajang berbagi pengalaman inspiratif para petani yang telah berupaya mewujudkan keberhasilan berkebun kelapa sawit.  

"Kami selalu berusaha memberi dukungan dalam meningkatkan pendapatan petani kami, keberhasilan mereka adalah cerminan dari visi kami menjadi perusahaan agribisnis yang sehat, produktif, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat secara berkelanjutan," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment