3 Trik Atasi Iphone yang Munculkan Pesan 'Iphone Tidak Tersedia'

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Terdapat 3 trik atasi masalah pesan 'Iphone Tidak Tersedia' pada ponsel. Cara ini cukup terbilang ampuh, serta dikutip dari laman resmi Apple.

3 trik atasi permasalahan pesan Iphone Tidak Tersedia ini juga mudah dilakukan. Pengguna tidak perlu panik lagi, dengan mengikuti arahan yang benar ponsel langsung bisa dioperasikan kembali.

Bila demikian, Iphone Tidak Tersedia menunjukkan ponsel tidak bisa digunakan beberapa saat. Cara memperbaikinya, Anda harus mengetahui 3 trik atasi permasalahan tersebut yang akan dibagikan di bawah ini.

Bagi pengguna ponsel dengan sistem iOS, notifikasi Iphone Tidak Tersedia bahkan sering terjadi. Biasanya, bila ponsel memberikan peringatan tersebut menandakan bahwa smartphone tidak bisa digunakan.

Hal itu disebabkan oleh pengguna yang memasukkan password salah beberapa kali. Oleh sebab itu, pesan tersebut akan terpampang jelas pada tampilan luar ponsel saat terkunci.

Pesan ini juga menandakan, bahwa perangkat Iphone ingin memastikan tingkat keamanannya cukup teruji. Sehingga, sangat mampu meminimalisir terjadinya pembobolan perangkat.

Akan tetapi, pesan tersebut juga dapat mengganggu. Terlebih lagi ponsel tidak bisa dimainkan seperti yang normal dalam kurun waktu tertentu.

Tidak ada batas waktu yang jelas terkait berakhirnya pesan Iphone Tidak Tersedia. Namun, bisa dipastikan semakin banyak percobaan memasukkan sandi dengan salah maka semakin lama pula ponsel tidak bisa dioperasikan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, simak 3 trik atasi pesan 'Iphone Tidak Tersedia' di bawah ini:

  1. Masukkan Sandi dengan Benar.

Setelah beberapa waktu kemudian ponsel bisa disentuh. Cobalah mengingat kata sandi dengan benar, bila sudah yakin cobalah masukkan. Seketika pesan di atas akan hilang dengan sendirinya.

Seperti penjelasan yang sempat disinggung di atas, pesan dengan nada tersebut muncul lantaran pengguna memasukkan kata kunci yang salah.

Alangkah lebih baiknya lagi bila pengguna tidak hanya mengingat password saja. Melainkan, cobalah tulis ulang pada buku yang bersifat privasi sebagai cadangan bila suatu waktu lupa.

Akan tetapi, bila masih tidak bisa mengingatnya dengan jelas. Pesan tersebut terus muncul, dan ponsel tetap tidak akan bisa dioperasikan.

Untuk mengatasinya, pengguna harus mereset ulang perangkat. Terdapat dua cara yang berbeda untuk membuat ponsel kembali ke pengaturan pabrik. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Reset Ulang Secara Langsung.

Setelah yakin password tidak bisa diingat dengan jelas, lalu cara kedua untuk menghilangkan pesan 'Iphone Tidak Tersedia' yakni dengan mereset ulang secara langsung pada ponsel.

Adapun langkah-langkahnya terbilang mudah, perhatikan uraian berikut:

•Iphone yang bisa direset langsung hanya yang menggunakan sistem perangkat iOS 15.2 dan ponsel keluaran terbaru.

  • Masukkan password yang salah hingga 10 kali.
  • Pengguna akan diarahkan ke halaman 'Penguncian Keamanan'.
  • Pilih opsi 'Hapus Iphone'.
  • Klik tombol yang bertuliskan 'Hapus'.
  • Masukkan kata sandi Apple ID atau biasa dikenal dengan iCloud.
  • Ulangi klik 'Hapus' untuk memastikan pengguna menyetujui restore ulang.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Meski terbilang mudah, pastikan ponsel terhubung dengan internet saat sebelum terkunci dan lupa kata sandi. Selain itu, cara ini juga hanya bisa dilakukan bila perangkat pernah melakukan fitur Find My Device.

  1. Melalui iTunes.

Cara selanjutnya bisa menghilangkan pesan Iphone Tidak Tersedia dengan bantuan desktop dan iTunes. Perhatikan langkah berikut ini:

  • Pastikan PC dan perangkat Desktop memiliki aplikasi iTunes. Bila belum terpasang, downloadlah pada internet.
  • Buka aplikasi iTunes.
  • Matikan Iphone untuk masuk ke mode recovery.
  • Cara masuk ke dalam mode recovery berbeda antar jenis Iphone. Carilah caranya di internet yang sesuai dengan tipe Iphone pengguna.
  • Saat dalam proses mode recovery, jangan lupa untuk menghubungkan ponsel ke iTunes desktop.
  • Tunggulah hingga iTunes dapat mendeteksi.
  • Klik opsi 'Restore'.
  • Tunggu kembali prosesnya.
  • Selesaikan instruksi yang tertera agar ponsel kembali ke pengaturan awal.

Demikianlah 3 tri mengatasi Iphone yang terus memunculkan pesan 'Iphone Tidak Tersedia'. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment