Launching Bank Mini se-Kalbar, Kadisdik: Edukasi Siswa Kelola Keuangan Sejak Dini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Launching Bank Mini se-Kalbar, pada Senin (4/9/2023).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Kalbar dengan Bank Kalbar dalam pembuatan Bank Mini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rita Hastarita mengatakan, ini upaya edukasi terkait dengan literasi keuangan pada warga sekolah, baik guru maupun kepada pelajar.

"Mengedukasi kepada siswa agar mengetahui cara mengelola keuangan," kata Rita Hastarita.

Ia juga mengatakan tahap awal kami menargetkan seluruh SMK Negeri Kalbar sebanyak 118 Sekolah, dengan tahap awal sebanyak 21 sekolah yang sudah dilatih oleh Bank Kalbar.

"Kemudian tahap selanjutnya, kami akan menempatkan 118 sekolah yang belum dilatih, dan diwajibakan juga kepada seluruh SMA se-Kalbar membentuk Bank Mini," ujarnya.

PJ Sekda Kalbar Alfian juga mengatakan dengan adanya Bank Mini bertujuan untuk menyaiapkan sumber daya manusia yang kompeten.

Menurutnya untuk menjadi perhatian sumber belajar dalam menerapkan ilmu keuangan yang berkaitan dengan perbankan.

"Agar dapat meningkatkan para siswa, memfasilitasi siswa dan pengetahuan, serta mendorong kebiasaan menabung bagi siswa," kata Alfian.

Bank Mini pertama kali Launching di SMKN 3 Pontianak.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Sekolah se-Kalbar, Direktur Bank Kalbar, serta Bank Indonesia (BI) pukul 07.30 WIB. ***

Leave a comment