Danau Sebedang, Wisata Alam di Sambas yang Berair Bening: Malam pun Ramai

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Keberadaan Danau Sebedang kini semakin diperhatikan. Pasalnya, destinasi wisata alam di Kabupaten Sambas ini semakin banyak menyedot pengunjung.

Adalah wajar karena Danau Sebedang Sambas memang menawan. Wisata alam berair bening ini diselimuti alam yang indah pun fasilitasnya cukup lengkap.

Secara ukuran, wisata alam ini memang tidak begitu luas. Namun, Danau Sebedang Sambas memiliki pulau di tengah-tengahnya bak Danau Toba di Sumatra.

Melansir ksmtour.com, Jumat (25/8/2023), luas danau ini mencapai satu kilometer persegi yang dikelilingi oleh perbukitan. Ketinggiannya mencapai 400 meter di atas permukaan laut.

Bagian terdalam di Danau Sebedang ini mencapai lebih dari 100 meter. Lalu, danau di Kabupaten Sambas ini memiliki lebar sekira 200-250 meter. Uniknya, danau ini mempunyai pulau yang dinamai Pulau Panjang.

Yang jelas, Danau Sebedang memiliki panorama alam yang sangat indah dan menawan. Perbukitan di seklilinya sebagian besar merupakan hutan kayu belian. Pun, air danaunya sangat bening.

Tidak hanya dapat menikmati danau dari pinggir, Anda juga dapat mengeksploitasi keindahan danau langsung dengan mengendarai perahu atau sampan. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Anda dan keluarga.

Sebagian pengunjung yang datang tidak hanya berniat menikmati kepermaian alamnya, tetapi ada yang menikmati kesejukan air danau dengan berenang. Ada juga yang menyalurkan hobi memancing karena danau ini merupakan rumah bagi banyak ikan.

Berbagai perlengkapan memancing, berenang, dan lain sebagainya sudah tersedia dan dapat Anda sewa dengan harga yang terjangkau. Jadi Anda tak perlu khawatir untuk memancing ikan sambil menikmati keindahan dan kesejukan danau ini.

Selain itu, keelokkan danau ini juga dapat dinikmati pengunjung dengan bersantai di pondok-pondok yang tersedia atau sambil duduk lesehan di atas tikar yang disewakan.

Ada juga pengunjung yang suka menikmati dengan cara yang lebih extreme lagi yaitu dengan naik ke bukit-bukit yang berada di pinggiran danau.

Menariknya, di kawasan ini juga terdapat pusat informasi pariwisata, sentra oleh-oleh dan cenderamata, dan fasilitas lainnya.

Pada sore hari, eksotisme kawasan Danau Sebedang kian tampak dan kian terasa. Bagi Anda yang mendatangi danau pada malam hari tidak perlu khawatir akan kesepian.

Pasalnya, semakin malam, semakin banyak pengunjung yang datang. Dan, suasananya bertambah semarak dan hidup dengan iringan suara musik keras yang berasal dari kafe-kafe di kawasan tersebut.

Anda dapat menginap di losmen-losmen yang banyak terdapat di kawasan sekitar danau. Areal camping ground yang luas dan aman juga dapat digunakan pengunjung yang berhasrat menikmati suasana kawasan ini pada malam hari.

Pun, kawasan wisata alam Danau Sebedang ini mudah dijangkau karena berada tidak jauh dari jalan utama menuju Kota Sambas. Danau ini berada di Desa Sebedang, Kecamatan Sebawi, berjarak sekitar 12 km dari Kota Sambas.

Danau ini berada di jalur jalan regional Sambas-Singkawang-Pontianak. Perjalanan dari pontianak dengan melewati Kota Singkwang dan Pasar Pemangkat. Tepatnya, sekira 202 km dari Kota Pontianak.

Konon, danau yang menjadi sumber air bersih bagi penduduk beberapa kecamatan dan juga menyimpan berbagai kekayaan ekosistem ini, dulunya merupakan salah satu tempat istirahat favorit bagi para sultan Sambas beserta keluarga mereka.

Demikian soal Danau Sebedang, destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Sambas. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment