Terus Bersinergi, Indonesia Malaysia Lakukan Kerjasama Pendidikan dan Pariwisata

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menjalin kerjasama antara Pemerintah Malaysia dengan Pemerintah di Kalbar khususnya pada bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar Rita Hastarita mendampingi Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menerima kunjungan dari Education Malaysia Global Services (EMGS) Kuala Lumpur Malaysia bertempat di Ruang Kerja Gubernur Kalbar.

Dalam kunjungannya, perwakilan dari EMGS didampingi langsung dari Konsulat Malaysia di Pontianak Azizul Zekri bin Abdul Rahim beserta jajaran.

"Kita akan bersinergi dengan menyelaraskan 2 tahun di Malaysia dan 2 tahun di Indonesia pada tingkat mahasiswa. Begitupun mahasiswa dari Malaysia, supaya terjalin hubungan lebih baik kedepannya," ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Tak hanya sektor pendidikan, pertemuan tersebut juga membahas terkait aspek pariwisata pada kedua belah pihak.

"Serawak itu wisatanya maju sekali, kita bisa belajar dari situ, terutama strategi promosinya," kata Sutarmidji.

Sementara itu, CEO Education Malaysia Global Services (EMGS) Encik Novie Bin Tajudin, mengungkapkan bahwa pihaknya akan bekerjasama untuk meningkatkan akademik, prestasi universitas yang ada di Indonesia dan Malaysia.

"Yang mana ada beberapa problem yang harus ditambahkan dengan berbagi ilmu dengan program yang kami laksanakan seperti double degree, diploma dimana setahun disini setahun di sana. Dua tahun disini dua tahun di Malaysia.

Dengan adanya progran tersebut ditambahkannya dapat menambah pengetahuan dan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.

"Sebagaimana telah berjalan di beberapa universitas yang ada di Indonesia yang telah bekerjasama," terang Encik Tajudin.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar Rita Hastarita mengakui sangat mendukung program yang akan dilakukan kedua negara.

"Program yang akan dilakukan akan meningkatkan akademik, prestasi universitas yang ada di Indonesia dan Malaysia," urai Rita. ***

Leave a comment