Viral 30 Batang Rel Kereta Api di Medan Hilang Dicuri Maling, Netizen Juluki Medan Sebagai Gotham City

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebuah video yang merekam 30 besi rel kereta api di Medan yang hilang viral di media sosial. Raibnya besi tersebut lantaran aksi maling yang tidak pandang bulu.

Dalam video yang beredar, pencurian 30 rel kereta api itu terjadi di kawasan Kayu Putih, Medang. Karena banyak besi yang hilang, netizen yang melihatnya menjuluki kota tersebut sebagai Gotham City.

Bahkan, netizen sudah cukup resah dengan perbuatan maling di Medan. Mereka tidak habis pikir 30 rel kereta api sampai menjadi sasaran empuk tindak kriminal.

Video tersebut diduga direkam oleh warga sekitar. Hingga kemudian, akun Instagram @jalur5 mengunggahnya di medsos dan membuat viral.

Berdasarkan video yang dilihat langsung oleh Insidepontianak, Rabu (23/8). Seorang warga merekam jalur kereta api yang tampak aneh. Lantaran, rel yang masih melekat hanya berada di satu sisi saja.

"Besi penyangga jalur kereta api hilang di Kayu Putih, Medan. Sekitar 5 hari lalu, warga Kayu Putih dihebohkan dengan pencurian besi penyangga rel kereta api. Tampak beton-beton berserakan di rel kereta api Belawan-Medan dekat rusunawa tersebut," tulis akun @jalur5, pada Selasa (22/8) kemarin.

Pencurian rel kereta api senyatanya tidak hanya menimbulkan kerugian secara materil saja. Melainkan, tindak kriminal dapat mengakibatkan kecelakaan kereta api yang akan melintasi kawasan tersebut.

Parahnya, bila kereta yang hendak melintas di atas rel yang hilang seperti di video viral, dapat menimbulkan korban bagi penumpang.

Mengetahui video tersebut viral, Manajer Humas PT KAI Divre I Sumatera Utara Anwar Solikhin tidak menampik tentang isi rekaman.

Dia juga menegaskan, bahwa besi yang berhasil digondol maling sebanyak 30 batang. Pihaknya mengecam terhadap perbuatan para pelaku yang masih diburu.

"Betul telah hilang besi rel penahan sebanyak 30 batang," ucap Anwar, Rabu (23/8).

Menurutnya, rel kereta api yang raib dicuri itu merupakan lintasan yang sudah tidak dilalui kereta. Meski begitu, perbuatan ini juga dapat mengakibatkan kecelakaan bila suatu waktu akan dilalui kembali.

Dalam keterangan resminya, Anwar menjelaskan bahwa besi tersebut memiliki fungsi sebagai penyangga batu balas.

Besi tersebut mempunyai fungsi yang penting juga untuk keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api," kata Anwar.

Setelah melalui penelusuran yang mendalam. Pihak Yang berhasil menemukan beberapa potongan besi yang telah dijual ke pengepul.

"PT KAI bersama TNI Polri saat ini telah mengamankan barang bukti 9 batang rel di tempat pengepul besi bekas," kata Anwar.

Sayangnya, ketika berhasil mengetahui lokasi pengepul. Pihaknya tidak bisa menangkap para penadah, lantaran mereka telah kabur terlebih dahulu.

Video viral ini tidak hanya mendapat perhatian pihak PT KAI saja. Banyak warganet menepuk jidat setelah melihat insiden ini, bahkan kebanyakan dari mereka menyamakan kota Medan dengan Gotham City, sebuah kota kriminal dalam serial film Batman.

"Pagar rumah aja dimaling apalagi rel. Emang Gotham City," ucap akun alkafds.

"Review jujur ya abangda dari aku yang asli Medan. Serius kali memang, uda ga aman kali di Medan ini. Jangankan besi, sepatu/sendalmu di teras rumah bisa hilang. Siang hari pun mereka nekat. Becak? Becak penumpang punya tetanggaku terekam CCTV diangkut pakai becak galon isi ulang 5 ribuan jam 3 pagi., padahal digembok," timpal akun iamsabb_.

Hingga kini, video tentang pencurian 30 rel kereta api di Medan ini terus menjadi buah bibir netizen. Warganet menyayangkan aksi pelaku kriminal yang menyasar prasarana angkutan umum. (Dzikrullah) ***

Leave a comment