Mengunjungi Avros Park, Destinasi Wisata Edukasi di Medan: Ubah Paradigma Soal Sungai Deli

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Sejarah menyatakan Medan adalah kampung yang berada di dntara Sungai Deli daan Sungai Babura. Kenyataan inilah yang membuat destinasi wisata edukasi Avros Park hadir.

Ya, Sungai Deli dan sungai lainnya di Medan cenderung dianggap jorok, tertutup oleh kemegahan kota. Avros Park hadir untuk mengubah paradigma itu dengan menjadi destinasi wisata edukasi.

Avros Park memang berada tepat di sisi Sungai Deli. Destinasi wisata edukasi ini tepatnya berada di Jalan Avros, Kampung Baru, Kecamatan Medan Polonia.

Mengutip pemkomedan.go.id dan sumber lainnya, Minggu (2/7/2023), Avros Park sejatinya adalah destinasi wisata edukasi yang menawarkan sensasi berbeda, yakni melihat keindahan Kota Medan dari aliran Sungai Deli.

Apalagi, tempatnya asri dan sejuk meski berada di tengah kota. Tempat ini layak dikunjungi karena banyaknya pepohonan hijau, bunga-bunga, serta rerumputan menambah kesejukan mata.

Dulunya tempat ini dikenal sebagai Taman Edukasi Avros, kini berubah menjadi Avros Park (Education and Fun) pada akhir 2017. Adalah Yayasan Go River Indonesia, sebuah yayasan yang bergerak di bidang lingkungan, khususnya kebersihan Sungai Deli, yang memprakarsai.

Dalam perkembangannya, Avros Park ini juga bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Kota Medan. Dan seperti namanya, Avros Park Education and Fun, kemudian menyediakan berbagai wahana edukatif.

Sebut saja edukasi untuk membuat handycraft, menyebar bibit ikan, dan menanam pohon. Salah satu wahana edukatif yang hanya ada di Avros Park adalah susur Sungai Deli dengan menggunakan kapal boat.

Wahana susur Sungai Deli di Avros Park tak lain untuk mengubah paradigma negatif tentang Sungai Deli. Pengunjung akan diberikan pemahaman mulai dari nilai historis Sungai Deli dan bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan khususnya sungai.

Sayangnya, wahana ini tidak sembarangan waktu bisa dipakai karena sangat bergantung dengan debit air sungai. Jika musim kemarau biasanya debit air rendah dan kapal boat tidak dapat beroperasi dengan maksimal.

Ada juga bogie car tour, pengunjung diajak berkeliling menikmati keindahan Avros Park yang luasnya mencapai dua hektare. Pun, flying fox.

Di area lainnya, ada juga wahana panahan. Uniknya, para pengunjung juga dapat melihat penangkaran hewan rusa yang sengaja dibebaskan agar lebih dekat dengan pengunjung.

Kelebihan Avros Park lainnya adalah memberikan areal kamping atau camping ground dengan konsep semi hotel. Pengunjung yang ingin bermalam di sini bisa melakukan check-in terlebih dahulu.

Adapun fasilitas yang diberikan seperti kasur, bantal, air mineral, dan sarapan pagi. Selain itu, pengunjung juga akan diberikan satu set perlengkapan mandi kecuali handuk.

Avros Park juga menyediakan jasa bagi pengunjung yang ingin membuat berbagai kegiatan seperti family ghatering, outing corporate, garden party, reuni, arisan, ulang tahun, pesta pernikahan, pengajian, outbond, juga meeting skala kecil dan besar dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya menyuguhkan wahana-wahana saja, Avros Park juga menghadirkan tempat kuliner dengan spot-spot foto yang cocok diabadikan ke media sosial. Hidangan yang disajikan juga sangat lezat dengan harga yang bersahabat.

Avros Park buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 23.00 WIB dan 08.00 – 23.00 WIB untuk akhir pekan. Untuk masuk ke Avros Park tidak dipungut biaya alias gratis. Biasanya para pengunjung ramai berdatangan di akhir pekan.

Itulah informasi tentang Avros Park Medan, destinasi wisata edukasi yang letaknya tepat di sisi Sungai Deli. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment