Tiga Kuliner yang Memakai Dali Ni Horbo, Keju Khas Batak Berbahan Susu Kerbau

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Dali ni horbo adalah keju khas Batak yang dibuat dari susu kerbau. Dia bisa jadi makanan sendiri dan bisa juga sebagai bahan bagi kuliner lain.

Sedikitnya ada tiga kuliner yang cocok memakai dali ni horbo, keju khas Batak dari susu kerbau, ini sebagai campuran. Tidak hanya menu tradisi, jenis makanan modern pun cocok.

Ya meski disebut keju, namun dali ni horbo sejatinya bukan kuliner olahan baru. Masyarakat Batak sudah sejak lama mengolah susu kerbau ini secara khas dan itu sudah turun-menurun.

Mengutip bolumenara.co.id, Minggu (2/7/2023), dali ni horbo memiliki rasa yang gurih dan kaya akan aroma susu kerbau yang kuat. Keju ini memiliki tekstur yang keras dan sedikit remah, namun tetap lembut dan mudah dicerna.

Dalam masyarakat Batak, Dali ni Horbo sering dijadikan sebagai camilan atau cemilan untuk dinikmati bersama teman atau keluarga. Dalam bahasa Batak, "dali" berarti keju, sedangkan "horbo" berarti susu kerbau.

Yang jelas, keju yang terbuat dari susu kerbau ini kaya akan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya. Kandungan protein yang tinggi dalam susu kerbau dapat membantu memperkuat tulang dan otot. Selain itu, keju ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Proses pembuatan Dali ni Horbo dimulai dengan memerah susu kerbau segar. Susu kerbau ini kemudian dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu dan ditambahkan bahan pengental seperti air kapur sirih atau asam sitrat.

Setelah itu, susu kerbau yang telah mengental tersebut dibentuk menjadi bulatan kecil atau kerucut dan direndam dalam larutan garam selama beberapa jam. Kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga kelembaban susu berkurang dan menjadi keju yang kering.

Setelah itu, keju diangin-anginkan dan disimpan di tempat yang kering dan sejuk selama beberapa bulan untuk memperoleh rasa yang lebih kuat dan khas.

Nah, berikut tiga menu kuliner pilihan yang bisa menggunakan dali ni horbo atau sering disebut juga dengan bagot ni horbo sebagai bahan utama atau campuran:

1. Arsik

Arsik Bagot ni Horbo adalah makanan khas suku Batak yang terbuat dari campuran dali ni horbo dan bumbu Arsik. Biasanya, makanan ini disajikan dengan kuah yang kental dan gurih serta memiliki rasa pedas dan asam.

Bumbu Arsik terdiri dari aneka rempah dan bahan segar seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, cabai, dan daun salam. Bumbu ini kemudian dihaluskan dan dicampurkan dengan dali ni horbo untuk memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan ini.

Arsik Bagot ni Horbo biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam acara adat seperti pernikahan atau acara pesta lainnya. Namun, saat ini makanan ini juga dapat ditemukan di restoran atau warung makan di daerah Sumatera Utara.

Dalam memasak Arsik Bagot ni Horbo, dibutuhkan ketelatenan dan keahlian khusus karena harus mempertahankan rasa khas dali ni horbo dan bumbu arsik agar menyatu dengan sempurna. Oleh karena itu, makanan ini banyak dianggap sebagai suatu hal spesial dan menjadi identitas kuliner suku Batak.

2. Sambal

Sambal ini terbuat dari dali ni Horbo yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan seperti bawang, cabai, dan garam. Sambal ini biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan utama seperti arsik bagot ni horbo, naniura, atau lauk pauk lainnya.

Dalam membuat sambal bagot ni horbo, keju Batak ini dihaluskan terlebih dahulu dan dicampurkan dengan bahan-bahan sambal. Sambal ini memiliki rasa pedas khas dari cabai dan aroma khas dari dali ni horbo.

Sambal bagot ni horbo pun menjadi salah satu makanan khas Batak yang dicari dan dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Tapanuli atau Sumatra Utara secara umum.

3. Roti Bakar

Roti bakar sendiri merupakan makanan yang umum di Indonesia dan dapat ditemukan di berbagai macam tempat. Biasanya roti bakar disajikan dengan berbagai macam topping seperti keju, selai, mentega, dan lain sebagainya.

Namun, Anda dapat membuat variasi roti bakar yang menggunakan dali ni horbo sebagai bahan topping atau isian. Dalam variasi ini, keju diganti dengan dali ni horbo untuk memberikan rasa yang lebih khas.

Caranya, haluskan dali ni horbo hingga halus, dan campurkan dengan topping lainnya sesuai dengan selera. Hal ini akan memberikan rasa yang lebih khas dan unik pada roti bakar yang Anda buat.

Itulah beberapa kuliner makanan yang dapat dibuat dengan menggunakan dali ni horbo, keju khas Batak. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment