Gempa Tektonik 3,1 Magnitudo Kembali Guncang Landak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gempabumi tektonik berkekuatan 3,1 magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Landak, Selasa (20/6/2023) dini hari. Gempa serupa di Kabupaten Landak dan Bengkayang juga terjadi pada Kamis pekan lalu.

Dilansir dari Instagram BMKG Kalbar, gempa bumi dini hari itu disebutkan terjadi sekitar pukul 01.55.44 WIB.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.117 LU dan 109.39 BT, atau tepatnya berlokasi 30 km Tenggara Sambas Kalimantan Barat pada kedalaman 10 km," kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya, sebagaimana penjelasan di Instagram BMKG Kalbar tersebut.

Jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan gempabumi kerak dangkal akibat proses deformasi di batuan.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat, dirasakan di Landak dengan intensitas II-III MMI, atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.

Postingan informasi di Instagram BMKG Kalbar tersebut pun dikomentari beberapa warganet. Satu orang mengaku turut merasakan getaran gempa.

"Semalam kebangun gara2 gempa ni," komen akun @thehart9.

Dengan kejadian ini, BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Landak dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.***

Leave a comment