Destinasi Wisata Cantik dan Menarik di Pulau Nias: dari Tradisi, Sejarah, hingga Keindahan Alam

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi
MEDAN, insidepontianak.com - Pulau Nias atau Kepulauan Nias memiliki ragam destinasi wisata yang cantik dan menarik. Ini meliputi hal tradisi, sejarah, hingga keindahan alam. Semenjak pemekaran wilayah di Pulau Nias pada 2008 lalu, sektor pariwisata telah melahirkan banyak destinasi wisata yang mumpuni. Tradisi dan alam yang cantik di kepulauan ini langsung menyedot pelancong. Manariknya, setiap wilayah di Pulau Nias memiliki destinasi wisata unggulan masing-masing. Pulau dan pantai yang cantik plus seni tradisi hadir merata di kepulauan yang berada di Samudera Hindia tersebut. Sebagai informasi kini telah ada empat kabupaten dan satu kota di Pulau Nias. Satu kota yang dimaksud adalah Kota Gunungsitoli yang dulunya adalah ibukota Kabupaten Nias. Sementara empat kabupaten lainnya adalah Nias Selatan dengan ibukotanya Teluk Dalam, Kabupaten Nias Barat dengan ibukotanya Lahomi, Kabupaten Nias Utara dengan ibukotanya Lotu, dan Kabupaten Nias sebagai kabupaten induk beribukota Gido. Mengutip direktoripariwisata.id dan traveloka.com, Sabtu (17/6/2023), pulau ini merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau di pantai barat Sumatra, dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha) dan memiliki luas wilayah 5.625 kilometer persegi. Nah, berikut beberapa destinasi wisata di Nias yang bisa menjadi pilihan:
  1. Desa Wisata Bawomataluo
Desa Bawomataluo terdiri dari kumpulan rumah adat milik para penduduk yang posisinya saling berhadapan dengan jarak 4 meter. Kehidupan di Desa Bawomataluo masih sangat asli, lengkap dengan tradisi-tradisinya seperti rumah adat, tradisi lompat batu, tarian perang, dan budaya peninggalan megalitikum. Mengingat tingginya nilai adat dan kentalnya budaya masyarakat di Desa Bawomataluo, objek wisata di Kepulauan Nias ini telah dimasukan ke dalam nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO. Untuk mencapai Desa Bawomataluo, Anda harus melewati 7 tingkat di bagian pertama dan 70 tingkat di bagian kedua dengan jumlah anak tangga sebangak 88 buah.
  1. Museum Pusaka Nias
Anda yang ingin mempelajari kebudayaan masyarakat Nias wajib pergi ke Museum Pusaka Nias. Museum yang telah berdiri semenjak tahun 1972 ini menyimpan berbagai macam benda seni, budaya, dan sejarah masyarakat Nias. Terdiri atas 4 paviliun, Anda dapat belajar sejarah masyarakat Nias lewat sejumlah koleksi arkeologi, etnografi, dan biologi. Tak hanya itu, di salah satu paviliunnya juga terdapat koleksi batu-batuan granit yang ditemukan di sekitar kawasan Nias.
  1. Pulau Tello
Pulau Tello berada di Kecamatan Pulau Pulau Batu yang memiliki lebih dari l00 pulau. Pulau kecil yang berada di perairan Samudra Hindia ini memiliki keindahan alam yang termasuk salah satu pilihan destinasi para traveler luar negeri, khususnya penggemar olahraga surfing. Selain pantai dengan ombak yang menantang, pesona alam bawah lautnya juga sangat menarik untuk diselami. Beberapa spot snorkeling terdapat di sekitar pantai di pulau ini. Tersedia beberapa fasilitas penginapan yang berada dekat dengan spot snorkeling.
  1. Air Terjun Mondrowe
Tidak hanya gugusan pulau, Nias juga memiliki beberapa air terjun yang mengagumkan. Salah satu yang populer adalah Air Terjun Mondrowe. Ketinggiannya mencapai 25 meter dan lebar 20 meter. Air terjun ini merupakan yang tertinggi dan terbesar di Kepulauan Nias. Menuju Air Terjun Mondrowe ini Anda bisa berkendara sekitar 2,5 jam dari Gunungsitoli atau kurang lebih 1,5 jam dari kawasan Teluk Dalam. Meski areanya agak masuk ke dalam, tapi aksesnya tidaklah sulit. Ada jalur jalan beton yang dapat dilalui kendaraan roda dua. Demikian empat destinasi wisata pilihan yang ada di Pulau Nias. Tentu masih banyak lagi yang lain karena Plau Nias memang memiliki tradisi dan alam yang canti. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment