Rakernas IKA-PMII ke-II di Kalbar Bicarakan Isu Pembentukan DOB dan Percepatan IKN

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua IKA-PMII Kalbar, Suib memaparkan sejumlah alasan digelarnya Rakernas IKA-PMII ke-II di Kalbar yang resmi dibuka pada Jumat (26/5/2023).

Adapun Rakernas IKA-PMII ke-II dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Efendi.

Menurut Suib, salah satu pembahasan yang dibicarakan pada Rakernas ini yaitu membahas isu lokal terkait percepatan pembentukan Daerah Otonomi Baru atau DOB. DOB yang getol diperjuangan Kalbar sendiri adalah berdirinya Kapuas Raya.

"Semangatnya adalah isu lokal. Berharap isu lokal biasa diangkat nasional. Salah satunya DOB," kata Suib, yang juga Anggota DPRD Kalbar, Jumat (26/5/2023).

Selain itu, ia juga ingin isu yang punya hubungan psikologis dengan Kalbar seperti Ibu Kota Negara atau IKN menjadi pembahasan. Tujuannya tak lain untuk percepatan pembangunan, sehingga IKN cepat berfungsi dan dijadikan pusat pemerintahan.

Tak hanya itu, ia juga ingin kader PMII memberikan sumbangsih terhadap bangsa dan negara. Salah satunya dorongan agar terwujudnya Universitas Gerakan yang dibangun di IKN.

"Ini sebagai perimbangan peletakan batu pertama kantor PBNU," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment