Unisma Malang Raih Akreditasi Unggul

27 Oktober 2022 12:14 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Universitas Islam Malang atau Unisma berhasil meraih predikat sebagai kampus terakreditasi Unggul.

Predikat tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 1753/SK/BAN-PT/Ak/PT/X/2022, yang diterima pada Selasa, (25/10/2022).

Predikat yang didapat Unisma ini merupakan puncak tertinggi dari sistem akreditasi perguruan tinggi.

Baca Juga: Kanye West Dikeluarkan Forbes dari Daftar Klub Miliarder, Buntut Putus Hubungan Bersama Adidas

Hal tersebut tercantum dalam Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020, tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi yang mengubah format A/B/C menjadi format Unggul/Baik Sekali/Baik.

Rektor Unisma, Prof Maskuri ucapkan terima kasih atas dedikasi semua pihak kepada Unisma. Karena menurut dia, capaian tersebut berkat kerja keras semua pihak.

“Akreditasi ini menjadi bentuk keseriusan kami, dalam menjalankan perguruan tinggi. Kita tidak bisa hanya mengatakan bahwa kita kuat dan hebat. Tapi harus dibuktikan melalui akreditasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Tes Fokus: Hanya Grup Terpilih yang Berhasil Mengklaim Kemenangan dalam Tantangan Ini, Temukan Segelnya!

Prof Maskuri menjelaskan bahwa, sertifikasi ini adalah sebuah karya nyata di usia yang ke 41 tahun. Berbagai lompatan baik dari sisi misi dan visi dilakukan. Hasilnya, Unisma menjadi perguruan tinggi unggul yang bertaraf internasional.

“Ini juga menjadi pecah telur. Unisma adalah yang pertama sebagai perguruan tinggi Nahdlatul ulama, yang meraih akreditasi unggul secara institusi dengan score 368. Di Jawa timur pun, sangat sedikit perguruan tinggi yang sudah meraih akreditasi unggul. Jadi Unisma sudah menerobos kemajuan yang sangat luar biasa,” kata Prof Maskuri.

Menurutnya, akreditasi ini memberikan banyak manfaat. Salah satunya, dapat dijadikan sebagai capital strategis untuk memperkuat hubungan dengan para pihak baik dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Tes IQ: Pecahkan Tantangan yang Menguras Otak Ini! Hanya si jenius yang Bisa Menemukan 4 Wajah Tersembunyi

Untuk meraih akreditasi unggul tersebut, jelasnya, ada tujuh kriteria awal yang harus terpenuhi. Salah satunya, prodi prodi sudah banyak berkategori unggul di setiap bidangnya. Juga banyaknya prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional, dengan beragam beasiswa yang sangat menarik yang ditawarkan.

“Termasuk jejaring beasiswa ini, kita kerjasamakan dengan salah satu tv swasta nasional. Yang setiap tahunnya, yang mendaftarkan ribuan dengan seleksi yang ketat,” jelasnya.

Sukses tersebut, katanya, tak lepas dari kerjasama seluruh elemen dan pihak yang ada di Unisma. Baik dari tatanan unit lembaga fakultas, universitas dan juga lembaga yayasan. Yang saling sinergi. Satu sama lain saling mendukung untuk kemajuan Unisma.

Baca Juga: Kanye West Dikeluarkan Forbes dari Daftar Klub Miliarder, Buntut Putus Hubungan Bersama Adidas

Selain itu, diakuinya, dari sisi SDM di Unisma juga sangat mumpuni dan lengkap. Termasuk laboratorium yang di support dengan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Dengan luaran yang dipersiapkan, yaitu pusat kreativitas dan inovasi yang pada ahirnya menghasilkan outcome yang berguna bagi masyarakat. Melalui riset-riset. Termasuk juga percepatan guru besar yang ada di unisma.

Selain itu, atas capaian ini, Prof. Maskuri capaian tertinggi ini jangan membuat semua pihak puas atas capaian yang di dapat.

Baca Juga: Data Prevalensi Beda, Pemkab Kubu Raya Surati Kementerian Kesehatan  

Ke depan beragam tanggung jawab turunan juga muncul dan harus segera dilaksanakan untuk mendapatkan pengakuan di level lebih tinggi yakni internasional.

“Sehingga mampu menjadi kampus yang internationally recognized dan menjadi bagian dari world class university,” pungkasnya.***

Leave a comment