1.052 Siswa di Sanggau Ikuti Aksi Bergizi Serentak

27 Oktober 2022 13:24 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Dinas Kesehatan atau Dinkes Sanggau menggelar aksi bergizi di SMPN 01 dan SMAN 02 Sanggau, Rabu (26/10/2022).

Sedikitnya 1.052 siswa antusias ikuti gerakan aksi bergizi tersebut. Terdiri dari 529 pelajar dari SMAN 02, dan 523 pelajar SMPN 01.

Gerakan aksi bergizi ini serentak dilakukan secara nasional. Di Kabupaten Sanggau, kegiatan aksi bergizi dilakukan dengan senam dan sarapan sehat bersama.

Baca Juga: Hari Listrik Nasional ke -77, PLN Singkawang Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan

"Sarapan yang bergizi menggunakan pangan lokal," kata Ginting, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau di sela-sela acara, Rabu (26/10/2022).

Selain itu, kegiatan aksi bergizi dilanjutkan dengan minum tablet tambah darah untuk para siswa, dan pemeriksaan hemoglobin bagi siswi untuk mengetahui berapa banyak yang anemia di sekolah.

Ginting menerangkan, Aksi Bergizi tersebut digelar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-58 dan juga percepatan penurunan stunting, seperti diketahui pada 2024, target penurunan stunting sebesar 14 persen.

Baca Juga: Unisma Malang Raih Akreditasi Unggul

Dia menyebut dipilihnya SMPN 01 dan SMAN 02 hanya secara acak. Lebih dari itu Ginting berharap kegiatan ini tak berhenti di sini. Pihak sekolah diharap rutin melaksanakannya.

"Artinya senam dibiasakan, minum tablet tambah darah serentak dibiasakan," ujarnya.

" Minum tablet tambah darah minimal sekali seminggu, atau 52 kali setahun untuk remaja putri. Begitu juga nanti untuk pemeriksaan HB kita lanjutkan. Jadi ini adalah launching," ucapnya.

Baca Juga: Kanye West Dikeluarkan Forbes dari Daftar Klub Miliarder, Buntut Putus Hubungan Bersama Adidas

Ginting menyampaikan, aksi bergizi di sekolah juga tak lepas dari upaya menyongsong generasi emas Indonesia pada 2045 mendatang.

"Tidak mungkin mendapatkan generasi emas kalau tidak dipersiapkan dari sekarang," pungkasnya.***

Leave a comment