Sinar Mas Gandeng TaniFoundation, Libatkan 80 Kelompok Tani di Indonesia, Tingkatkan Literasi Pertanian  

1 November 2022 14:47 WIB
Ilustrasi


JAKARTA, insidepontianak.com – Sinar Mas Agribusiness and Food menjalin kerja sama dengan TaniFoundation, sebuah organisasi nirlaba di bidang pemberdayaan petani.

Tujuan kerja sama Sinar Mas Agribusiness and Food dan TaniFoundation, guna meningkatkan literasi pertanian 80 kelompok tani hortikultura binaan di berbagai lokasi di Indonesia.

Kerja sama Sinar Mas Agribusiness and Food dan TaniFoundation berlangsung selama satu tahun ini meliputi pembuatan modul pertanian ramah lingkungan.

Mulai dari persiapan lahan tanpa bakar untuk budi daya tanaman hortikultura, pembuatan pupuk dan pestisida organik, serta cara mempersiapkan bibit sebelum tanam.

Baca Juga: Sinar Mas Agribusiness and Food Gandeng Universitas Tanjungpura Lakukan Riset Keanekaragaman Hayati di Kalbar

Head of Economic Empowerment, Sustainability and Strategic Projects Sinar Mas Agribusiness and Food, Jusupta Tarigan, petani memiliki peran penting dalam mencapai ketahanan pangan di sebuah daerah.

Namun untuk mencapai hal tersebut, para petani tidak lagi dapat mengandalkan hanya pada cara-cara bercocok tanam secara tradisional.

Karenanya, literasi pertanian merupakan kunci untuk mendukung yang maju, mandiri, dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi pertanian.

"Bersama dengan TaniFoundation kami mempersiapkan modul-modul pertanian yang disusun berdasarkan praktik-praktik terbaik, serta pengalaman dan masukan yang telah kami dapatkan dalam membantu 80 kelompok tani yang tersebar di Indonesia," kata Jusupta Tarigan.

Ia berharap modul-modul ini tidak hanya membantu petani binaan kami Perusahaan, tetapi juga kelompok-kelompok tani lainnya untuk bisa menjadi lebih maju dan produktif.

Baca Juga: Sinar Mas Agribusiness and Food Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir Ketapang

Nantinya, ia menbahkan, akan terdapat berbagai macam tema modul pelatihan pertanian yang akan dibagikan kepada para petani.

Tiga modul yang akan dipersiapkan pada tahap awal yaitu pembuatan pupuk organik dan pestisida alami, persiapan bibit, serta persiapan lahan tanpa menggunakan api untuk budi daya hortikultura—sejalan dengan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) .

Program DMPA merupakan langkah pencegahan kebakaran jangka panjang oleh Sinar Mas Agribusiness and Food di desa-desa yang rentan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) berulang.

 Jusupta menjelaskan, kolaborasi dengan TaniFoundation ini merupakan perluasan dari program pembinaan kelompok tani yang telah dilakukan Sinar Mas Agribusiness and Food. Salah satu program yang telah berjalan yaitu Pertanian Ekologis Terpadu ( PET), di mana para petani diajak untuk lebih banyak belajar dan menerapkan pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan.

 Baca Juga: Sinar Mas Kembangkan Aplikasi GeoSMART, Tangkap Sinyal Titik Panas Lebih Cepat, Canggih Cegah Karhutla

“Kami melaksanakan berbagai program pengembangan pertanian, salah satunya PET, yang mampu memberikan penghasilan tambahan bagi para petani," tuturnya.

Adapun program kerja sama antara Sinar Mas Agribusiness and Food dan TaniFoundation ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman petani dalam budi daya yang tepat guna, sehingga skala usaha taninya dapat lebih baik.

 

Ketua Yayasan TaniFoundation, Dennis, mengatakan, terkejut merasa bangga dapat berpartisipasi dalam pengembangan modul pertanian dengan Sinar Mas Agribusiness and Food. Menurutnya, kedua pihak membantu mengembangkan modul bersama karena didasarkan oleh pemikiran dan visi yang sejalan dengan komunitas lokal di pedesaan.

 

“TaniFoundation memiliki pengalaman dalam membina petani dan mengembangkan modul pelatihan yang layak dan mudah dijangkau oleh para petani. Oleh karena itu kami berharap, modul yang dikembangkan bersama Sinar Mas Agribusiness and Food ini dapat membantu petani bercocok tanam dengan metode yang berkelanjutan dan bermanfaat dalam meningkatkan kehidupan petani-petani di Indonesia,” ujar Dennis.

Tags :

Leave a comment