Catat! Berikut 16 Pahlawan Nasional Kaum Perempuan dari Berbagai Daerah Di Indonesia

3 November 2022 14:42 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa banyak pahlawan nasional dari kaum perempuan, mengingat Indonesia adalah bekas negara jajahan.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak pahlawan nasional dari kaum perempuan yang berjuang untuk melawan para penjajah pada saat itu.

Jadi, bukan hanya para laki-laki saja, tetapi sudah ada banyak pahlawan nasional dari kaum perempuan yang bertujuan untuk membantu kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Profile Lengkap 5 Nama Gelar Pahlawan Nasional 2022, Ada Nama dr Raden Rubini asal Kalimantan Barat

Maka dari itu, ada banyak perempuan Indonesia yang diberi gelar pahlawan nasional karena jasa-jasanya terhadap negara Indonesia.

Namun, sebelum membahas tentang pahlawan nasional dari kaum perempuan, sebaiknya kita membahas tentang apa itu pahlawan nasional terlebih dahulu.

Indonesia mempunyai pahlawan nasional, baik pahlawan di era penjajahan Belanda dan Jepang, pahlawan revolusi serta pahlawan di era setelah proklamasi.

Berkat jasa-jasa para pahlawan tersebut, Indonesia berhasil merdeka dan menjadi bangsa yang besar dan lebih baik lagi seperti sekarang.

Seperti yang kita ketahui bahawa pahlawan adalah orang yang sangat menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Namun dalam buku sejarah tertulis, secara etimologi, kata ‘pahlawan’ berasal dari bahasa Sanskerta ‘phala’, yang berarti hasil atau buah.

Selain itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan adalah seseorang yang mempunyai keberanian dan pengorbanan dalam membela kebenaran bagi bangsa, negara, dan agama atau pejuang yang gagah berani.

Jika diartikan, pahlawan nasional adalah gelar penghargaan tertinggi di Indonesia. Sama halnya anumerta atau gelar yang diberikan pemerintah kepada orang yang sudah meninggal dan sangat berjasa.

Tidak hanya pria, tetapi ada banyak pahlawan nasional dari kaum perempuan yang turut serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di Indonesia.

Sebagai warga negara yang baik, maka kita perlu mengetahui nama-nama pahlawan nasional dari kaum perempuan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Ini Makna Simbol Negara Berupa Naga Menurut Orang Thailand

Berikut ini daftar pahlawan nasional dari kaum perempuan di Indonesia yang penting untuk diketahui antara lain:

1. Martha Christina Tiahahu dari Maluku

2. Laksamana Malahayati dari Aceh

3. Cut Nyak Meutia dari Aceh

4. Raden Adjeng Kartini dari Jepara, Jawa Tengah

5. Cut Nyak Dien dari Aceh

6. Dewi Sartika dari Jawa Barat

7. Andi Depu Maraddia Balanipa dari Tinambung, Polewali Mandar, Sulawesi Barat

8. Maria Walanda Maramis dari Minahasa, Sulawesi Utara

9. Siti Manggopoh dari Manggopoh, Agam, Sumatera Barat

10. HR. Rasuna Said dari Maninjau, Agam, Sumatera Barat

11. Fatmawati Soekarno dari Bengkulu

12. Nyi Ageng Serang dari Purwodadi, Jawa Tengah

13. Opu Daeng Risadju dari Sulawesi Selatan

14. Nyai Ahmad Dahlan dari Yogyakarta

15. Ratu Nahrasiyah dari Kerajaan Samudera Pasai

16. Rohana Kuddus dari Padang, Sumatera Barat

Demikianlah 16 daftar pahlawan nasional dari kaum perempuan di Indonesia yang penting untuk diketahui.***

Tags :

Leave a comment