Banjir Singkawang Tahun Ini Disebut Terparah, Dewan Kalbar Minta Pemkot Lakukan Evaluasi

7 November 2022 12:13 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota Dewan Kalbar daerah pemilihan Singkawang-Bengkayang, Sudiantono meminta Pemerintah Kota Singkawang melakukan evaluasi terhadap bencana banjir yang belakangan marak terjadi.

Menurut Anggota Dewan Kalbar Sudiantono, banjir di Singkawang tahun ini terparah dari tahun-tahun yang lalu. Ini terlihat dari genangan banjir terjadi merata di seluruh kecamatan.

Baca Juga: Final Liga ASN Sanggau Digelar Hari Ini, Bekam VS RSUD MTh Djaman

Karena itu, Anggota Dewan Kalbar Sudiantono mendesak Pemerintah Kota Singkawang serius menangani persoalan banjir.

Apalagi, Singkawang merupakan kota tujuan wisata. Mestinya, terus berbenah menangani persoalan lingkungan, agar banjir tak terus meluas.

Baca Juga: Kunjungi Warga Terdampak Banjir di Shelter LLL Sakok, Tjhai Chui Mie Imbau Masyarakat Singkawang Waspada

"Kondisi ini juga mengganggu aktivitas masyarakat. Dan ini yang pertama kalinya," kata Sudiantono, Senin (7/11/2022).

Legislator Partai NasDem ini berpendapat, pemerintah mesti membuat sistem drainase yang terintegrasi dan melakukan evaluasi menyeluruh. Tidak bisa kata dia, hanya dilakukan secara tersier.

Baca Juga: 26 Warga Terdampak Banjir Dievakuasi di Shelter LLK Sakok Singkawang

"Mesti diatur mana saluran induk, skunder dan tersier. Kalau diselesaikan secara parsial tidak menyelesaikan masalah," terangnya.

Pemkot Singkawang juga diminta punya manajemen soal banjir. Disisi lain dia juga minta Pemkot melakukan pemenuhan jaringan listrik diberbagai daerah. Sebab, beberapa daerah di Singkawang belum teraliri listrik.***

Tags :

Leave a comment