Peringatan Hari Ikan Nasional, Tjhai Chui Mie Momentum Wujudkan Ketahanan Pangan dan Gizi

25 November 2022 20:28 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com  – Peringatan Hari Ikan Nasional menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengingatkan dan menghentak kesadaran nasional tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan Indonesia secara menyeluruh baik aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pangan, pelestarian lingkungan maupun sumber daya manusia.

Hal itu disampaikan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat menghadiri Peringatan Hari Ikan Nasional ke IX di Basement kantor Wali Kota, Kamis (24/11/2022).

Peringatan Hari Ikan Nasional yang ke IX Tahun 2022 ini mengusung Tema “Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Untuk Generasi Unggul”.

Tjhai Chui Mie menambahkan tema pada peringatan Hari Ikan Nasional tahun ini ditetapkan dengan pertimbangan bahwa ikan sangat relevan untuk menjalankan program pemerintah dalam hal perbaikan gizi masyarakat mengingat ikan sebagai bahan pangan sehat dengan sumber protein tinggi, sekaligus berperan mendukung gerakan masyarakat sehat (GERMAS).

Baca Juga: Pemkot Singkawang Berikan Bantuan Asuransi Ketenagakerjaan Pelaku Usaha Perikanan

“Tema “Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Untuk Generasi Unggul” ditetapkan dengan pertimbangan bahwa ikan sangat relevan untuk mendukung program pemerintah dalam hal perbaikan gizi masyarakat mengingat ikan sebagai bahan pangan sehat dengan sumber protein tinggi. Sekaligus berperan mendukung gerakan masyarakat sehat (GERMAS) dalam rangka mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas.” jelasnya.

Ia mengatakan tujuan dari peringatan Hari Ikan Nasional yang ke IX Tahun 2022 ini untuk meningkatkan Co-Ownership terhadap program peningkatan konsumsi ikan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional, meningkatkan citra produk kelautan dan perikanan, khususnya produk UMKM. Kemudian mempromosikan hasil-hasil kelautan dan perikanan domestik kepada masyarakat luas, mendorong pemanfaatan produk perikanan sebagai komoditas ketahanan pangan dan gizi nasional serta meningkatkan konsumsi ikan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap, semoga peringatan Hari Ikan Nasional ini dapat memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen Pemerintah dan masyarakat dalam rangka menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi di masyarakat.

“Saya mewakili Pemerintah sekali lagi mengucapkan selamat memperingati Hari Ikan Nasional. semoga kita semua dapat memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi di masyarakat.” harapnya.

Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Singkawang pada kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional ini juga dilakukan penyerahan perlindungan jaminan sosial kepada para pelaku usaha perikanan di Kota Singkawang yang diberikan secara langsung oleh Wali Kota Singkawang bersama Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Barat dengan didampingi oleh Kepala DPKPP Dwi Yanti.

Baca Juga: Buruan Daftar! KPU Singkawang Buka Pendaftaran Penyelenggara Badan Adhoc PPK dan PPS

 

Tags :

Leave a comment