Fraksi PAN DPRD Kalbar Harap Pemprov Lakukan Terobosan Peningkatan IPM

1 Desember 2022 22:10 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Fraksi PAN DPRD Kalbar, mendorong Pemerintah Provinsi Kalbar melakukan terobosan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM.

Sebab, hingga kini IPM Kalbar belum beranjak naik, Bahkan berada di urutan 30. Paling rendah se-Kalimantan.

Baca Juga: Fraksi PAN DPRD Kalbar Harap Pemprov Lakukan Trobosan Gali Potensi PAD

"Pemerintah mesti elakukan inovasi dan improvisasi yang lebih kreatif dan visioner sebagai upaya terus menerus dengan demikian diharapkan IPM Kalbar diharapkan mengalami peningkatan," kata Juru bicara Fraksi PAN DPRD Kalbar, Tony Kurniadi, Selasa (29/11/2022).

Fraksi PAN DPRD Kalbar berpendapat, IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara atau daerah tersebut kategori maju, berkembang atau terbelakang.

Baca Juga: DPRD Kalbar Optimis Perbedaan Pandangan Belanja APBD Kalbar 2023 Diselesaikan Lewat Kemendagri

Tujuan IPM untuk mengukur seberapa besar pengaruh kebijakan ekonomi terhadap peningkatan kualitas hidup.

"Nilai IPM suatu negara atau daerah menunjukkan seberapa jauh negara atau daerah tersebut telah mencapai sasaran yang ditentukan pada bidang pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat," katanya.

Baca Juga: Fraksi PDI Perujuanan DPRD Kalbar Harap Pemprov Lakukan Pengadaan Barang di Awal Tahun

Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Kalbar hendaknya lebih ekstra memformulasikan program-program pembangunan dalam upaya meningkatkan IPM

"Para pemangku kebijakan sudah semestinya tidak terjebak hanya pada hal-hal yang bersifat rutinitas dan monoton," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment