Buaya Ompong yang Ditangkap Warga di Mempawah Ternyata Terluka

28 Desember 2022 14:18 WIB
Ilustrasi

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Seekor buaya ompong di Mempawah yang ditangkap warga saat muncul di parit Jalan Adiwijaya, Desa Antibar, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalbar, Rabu (28/12/2022) ternyata dalam keadaan terluka.

Luka tersebut diduga akibat ulah manusia yang berusaha menangkapnya dengan cara dijerat. Pantauan di lapangan, tampak tubuh buaya ompong yang ditangkap wara Mempawah tersebut terdapat luka di bagian pangkal kaki belakang sebelah kiri.

Baca Juga: Komisi I DPRD Sambas Konsultasi ke Kanwil Kemenkum HAM Kalbar Terkait Organisasi Kemasyarakatan

Fhani, warga Desa Antibar, Mempawah, menceritakan detik-detik saat dia menangkap buaya tersebut bersama anaknya Haikal. Dia mengatakan buaya tersebut dalam kondisi terikat tali berwarna biru.

"Buaya ini dalam kondisi terluka di bagian pangkal kaki belakang sebelah kiri. Saat ditangkap saya melihat buaya ini giginya sudah ompong dan tubuhnya terikat tali berwarna biru," katanya.

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 di Sanggau Kosong, Vaksinasi Dihentikan Sementara

Fhani menduga buaya tersebut pernah dijerat. Kendati demikian, saat ditangkap buaya tersebut tetap memberontak. Selain itu, gigi buaya tersebut sudah dipotong atau ompong dan bentuk moncongnya juga tidak sempurna.

"Buaya ini sudah sering muncul ke permukaan. Mungkin dia mencari makan, karena sudah ompong dan moncongnya melengkung ke atas," katanya.

Baca Juga: Wisata Alam Bukit Macan Sanggau: Suguhkan Pemandangan Sungai Kapuas dari Ketinggian dengan Hutan Belantara

Fhani mengatakan, untuk sementara buaya ompong tersebut diamankan dirumahnya sambil menunggu pihak BKSDA. Kondisi buaya tersebut juga sudah diikat dengan isolasi di bagian moncongnya dan badannya diikat dengan karet bekas ban motor.***

Tags :

Leave a comment