Gebrasi Pontianak Buka Taman Baca Gratis, Upaya Tingkatkan Literasi Anak Muda

7 Januari 2023 19:37 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Puluhan pengunjung Taman Catur Untan, Jalan Ahmad Yani Pontianak, mendadak berkumpul di satu titik.

Sore Sabtu (7/1/2023), sorot mata pengunjung tak lagi fokus pada keindahan taman kota. Sebagian dari mereka tertuju pada puluhan jenis buku yang terhampar di taman ini.

Ya, untuk pertama kalinya, taman baca gratis semacam ini beroperasi. Antusias pengunjung pun luar biasa. Mereka sibuk memilih-memilah buku bacaan.

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Imbau Masyarakat Waspada Bencana Akibat Perubahan Cuaca

Taman baca gratis ini dibuka sejak hari ini. Kegiatan ini digagas oleh komunitas Gebrasi Pontianak atau Generasi Peduli Literasi. Mereka buka setiap Sabtu sore.

Gebrasi Pontianak sendiri merupakan komunitas yang baru berdiri sebulan ini. Komunitas ini digagas lima pelajar dari berbagai sekolah di Kota Pontianak.

Mereka adalah Chloe Xing, siswa SMAK Santo Petrus, Annisa Mayra Detrias, siswa SMAN 1 Pontianak, Nydia Fairley siswa SMA Gembala Baik Pontianak, Abel Rayhan Merdeka Setiawan, siswa SMAN 9 Pontianak dan Nabila Dwi Andini siswa SMAN 9 Pontianak.

Baca Juga: Dewan Kalbar Ritaudin Dorong Perusahaan Lapor Penyaluran CSR

"Ide awal berdirinya perpustakaan ini karena kami meiihat tingkat literasi di Pontianak sangat rendah," ujar koordinator, Gebrasi Pontianak, Chloe Xing ditemui Insidepontianak.com, di lokasi, Sabtu (7/1/2023).

Bagi Chloe dan kawan-kawan, rendahnya literasi di Pontianak menjadi perhatian. Sebelumnya Chloe dan kawan-kawan sudah melakukan observasi terhadap literasi anak muda. Hasilnya, banyak anak muda yang tak melek literasi.

Karena itu, mereka terpanggil untuk meningkatkan literasi anak muda lewat taman baca gratis.

Baca Juga: Dukung Anak-anak Cianjur Kembali ke Sekolah Pascagempa, PLN Berikan Perlengkapan Belajar

"Untuk itulah, kami membangun perpustakaan yang bisa diakses anak muda karena kami yakin setiap anak muda bisa berkesempatan mengembangkan dirinya," ucap Chloe.

Buku-buku yang tersedia di taman baca gratis ini pun beragam. Mulai dari buku cerita, novel hingga pengetahuan umum.

"Buku-buku ini kita kumpulin dari donasi kawan-kawan. Ada juga buku pribadi," terangnya.

Baca Juga: Muscab IKA PMII Singkawang, Alumni Harus Siap Berkompetisi

Chloe mengaku senang, perpustakaan gratis yang digelar Gebrasi Pontianak perdana hari ini menarik antusiasme masyarakat.

Mereka pun berencana membangun perpustakaan gratis ini di berbagai titik. Walau titik utama di Taman Catur Pontianak tak berpindah.***

Tags :

Leave a comment