Resep Lebaran 2024: Berikut 8 Menu Hari Raya Istimewa, Dari Sop Buntut hingga Sate Maranggi Purwakarta

8 April 2024 08:05 WIB
Resep Lebaran 2024/masakapahariini.com

PONTIANAK, insidepontianak.com - Lebaran dua hari lagi, pastinya bunda-bunda sudah menyiapkan sejumlah menu andalan bukan? Nah, dalam menu lebaran 2024 kali ini, mimin akan rekomendasikan menu hari raya terbaik. 

Menu lebaran ini pastinya akan menggugah selera para handai taulan, kerabat, tetangga atau teman-teman yang datang berkunjung ke rumah, apalagi banyak pilihan menu lebaran bukan? 

Mimin akan pilihkan 8 menu lebaran 2024 terbaik yang bisa bunda ikuti atau contoh sebagai referensi untuk menu istimewa di hari raya tiba. 

Tenang menu lebaran 2024 ini adalah menu terbaik di hampir seluruh Indonesia lho bunda, soal rasa jangan ditanya apalagi teksturnya pasti sesuai selera. 

Yuk berikut 8 menu lebaran 2024 istimewa yang bisa disajikan untuk keluarga tercinta dikutip Insidepontianak.com dari masakapahariini.com. 

1. Resep Sate Maranggi 

Ingin menu sate khas Maranggi? Yup bunda tak perlu jauh-jauh ke Purwakarta, bunda bisa menyajikan sate dengan sambal tomat pedas ini di rumah.

Selain di atas grill pan, kamu juga bisa memanggang sate ini di dalam oven supaya bisa dipanggang sekaligus banyak.

2. Resep Ayam Goreng Bacem 

Hidangan ayam goreng khas Jawa ini bisa jadi alternatif buat keluarga yang menghindari daging merah atau hidangan bersantan. Proses membuatnya mudah dan dapat dimasak oleh pemula di dapur.

Lauk ini juga cocok untuk jadi pilihan untuk si kecil. Supaya makin lengkap, jangan lupa sajikan dengan sambal dan lalapan sayuran.

3. Resep Sop Buntut

Saatnya mengolah sup buntut untuk memamerkan keterampilan memasak bunda. Rebus terlebih dulu potongan buntut untuk mengurangi aroma khasnya beserta kotoran lemak berlebih.

Proses merebus di awal juga berfungsi untuk menghasilkan kuah sup yang bening dan gurih. Jangan lupa sajikan bersama sambal, emping, jeruk limau, dan Bango Kecap Manis supaya makin mantap.

4. Resep Malbi Khas Palembang 

Bunda juga tak perlu jauh-jauh ke Palembang yaa. Meski masakan ini merupakan hidangan semur khas Palembang yang cocok jadi teman nasi atau ketupat. Pilih bahan utama dari bagian daging sapi yang cocok untuk dimasak lama. Misalnya bagian daging sapi topside atau sengkel.

5. Resep Sate Sapi Bumbu Ketumbar

Pilihan berbeda buat yang bosan konsumsi sate dengan bumbu kacang di bulan puasa. Sate sapi bumbu ketumbar ini punya cita rasa sate yang lebih medok bumbu dan juga pas untuk disajikan dengan nasi atau lontong.

Kebanyakan resep di atas juga dilengkapi dengan video cara membuatnya supaya semakin mempermudah kamu dalam menyiapkan menu Lebaran.

6. Resep Sambal Goreng Kentang

Menu pelengkap yang satu ini gampang banget untuk dibuat sehingga jangan sampai ketinggalan mencobanya! Karena praktis, kamu jadi punya banyak waktu untuk menyiapkan masakan lain yang lebih rumit. 

7. Resep Coto Makassar 

Kuah daging medok disajikan dengan buras atau lontong bakal bikin meja Lebaran lebih seru. Pilihan daging sapi bisa kamu sesuaikan menurut selera keluarga.

Pilih bagian sandung lamur atau brisket kalau ingin daging yang lebih banyak lemak sekaligus lebih gurih. Bagian daging sengkel cocok buat kamu yang lebih menyukai tekstur daging ketimbang lemak.

8. Semur Daging Khas Pontianak

Meskipun biasa dihidangkan sebagai makanan sehari-hari, tetap saja yang namanya semur daging khas Ponti ini terasa lebih istimewa dan pas untuk Lebaran. Bahan-bahannya seperti banyak, tapi sebetulnya mudah banget.

Demikian 8 menu lebaran 2024 terbaik dan istimewa yang bisa bunda praktekan menjelang hari raya. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment