Resep Ramadhan Hari Ini: Buat Es Lumut Viral Mangga? Bisa Jadi Ide Usaha Lho

4 April 2024 14:11 WIB
Es Lumut Viral Mangga/masakapahariini.com

PONTIANAK, insidepontianak.com - Nah, ada satu lagi minuman viral di bulan puasa, namanya es lumut mangga. Di resep ramadhan hari ini, minuman kekinian ini akan jadi pembahasan di artikel ini. 

Pasti ada yang bertanya apa itu es lumut? Mimin informasikan es lumut adalah minuman baru yang menyegarkan dari konsep punch bowl ala Indonesia. 

Jika biasanya mangkuk besar diisikan es kelapa, cendol, kolak atau timun suri, kali ini resep es lumut menggunakan jelly yang dibuat dengan cara menarik. Tinggal tambah anekan jelly berbagai rasa, mangga salah satunya. 

Untuk membuat es lumut itu tak susah. Tinggal menngunakan buah mangga atau sirup mangga kemasan yang bisa gampang didapatkan di minimarket terdekat. 

Bahan
4 Porsi

800 ml Buavita Mango
20 g jelly bubuk plain atau rasa kelapa
150 ml susu evaporasi
150 ml susu rendah lemak
3 sdm madu
500 ml air matang, masukkan ke dalam 1 buah kantung plastik, buat es batu


Cara membuat
1
Aduk rata susu evaporasi bersama madu dan susu rendah lemak. Sisihkan.

2
Masukkan Buavita Mango ke dalam panci bersama jelly bubuk, aduk.

3
Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga hampir mendidih. Angkat.

4
Siapkan wadah besar, masukkan 2 bongkah es batu.

5
Tuang campuran jelly. Aduk cepat larutan jelly menggunakan sendok sayur sambil disiram-siramkan ke atas es batu agar jelly cepat terbentuk.

6
Lanjutkan dengan membentuk lumut menggunakan whisk dengan cara diaduk cepat sambil ditekan untuk gumpalan jelly yang masih besar. Keluarkan sisa es batu.

7
Tuang campuran susu evaporasi, aduk. Sajikan.

Nah, tak susulit yang dibayangkan untuk membuat es lumut mangga kekinian ini. Resep Ramadhan hari ini pun jadi deh. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment