Penting Diketahui! Ini Caranya Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Darah untuk Cegah Stroke

24 Maret 2024 06:28 WIB
Ilustrasi - Olahraga dianjurkan untuk mebakar kolesterol jahat dan lemak di dalam darah. (Pixabay)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Istilah dalam ilmu kesehatan, kolesterol baik disebut dengan nama high-density lipoprotein atau HDL.

Dianjurkan, kolesterol baik lebih tinggi dari kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak) dalam darah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Melansir laman Hindustan Times, kolesterol baik atau HDL membantu dalam menyerap lemak jahat  dalam darah. HDL juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Seorang ahli nutrisi, Anjali Mukerjee mengatakan perubahan menjadi gaya hidup sehat penting untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL.

"Perubahan sederhana yang sangat efektif ini dapat membantu Anda meningkatkan kadar kolesterol HDL dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda secara keseluruhan," ungkap Anjali Mukerjee.

Mukerjee juga merekomendasikan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan HDL. Mulai dari berjalan kaki, bersepeda, dan berenang.

Selain bergerak, konsumsi makanan yang sehat juga penting, salah satunya mengonsumi asam lemak omega-3.

Mukerjee menyebut lemak tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan keberadaannya berbahaya bagi kesehatan.

Untuk mengganti lemak tidak sehat dengan lemak sehat juga bisa didapat dari mengonsumsi buah alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ghee sapi.

Mukerjee juga menyarankan sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman manis dan berbahan tepung guna meningkatkan kolesterol HDL.***

Leave a comment