Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Sebukit Rama Mempawah, Presiden Jokowi: Stabil

21 Maret 2024 08:52 WIB
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pasar Sebukit Rama, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (20/3/2024). ANTARA/HO-Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Dalam kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  ke Kalbar, orang nomor satu RI ini menyempatkan diri memantau harga sembako di Pasar Sebukit Rama, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu kemarin.

Jokowi menyatakan harga beberapa komoditas pokok seperti bawang putih, bawang merah, dan beras premium di terpantau stabil.

"Harga stabil, saya lihat misalnya bawang putih Rp40 ribu (per kilogram/kg), bawang merah Rp30 ribu (per kg), beras premium Rp17 ribu (per kg). Saya kira harga baik," kata Presiden dalam keterangannya seusai peninjauan pasar tersebut sebagaimana keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

 Presiden Jokowi juga menegaskan stabilitas harga merupakan salah satu fokus pemerintah untuk meringankan beban masyarakat.

 Menurut Presiden, pemerintah terus berupaya menjaga keseimbangan harga, terutama untuk beras medium agar tidak merugikan petani maupun konsumen.

 "Kita ini mengendalikan hati-hati supaya harga gabah kering tidak jatuh turun anjlok sehingga petani dirugikan. Kita jaga keseimbangan antara harga pokok produksi di petani yang harus untung dan juga harga eceran yang juga baik untuk konsumen, untuk ibu-ibu," ungkap Presiden.

 Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut memberikan bantuan modal kerja kepada para pedagang yang ada di Pasar Sebukit Rama. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu para pedagang dalam meningkatkan modal usaha.

 "Bantuan modal kerja untuk para pedagang kecil," ujar Presiden.

 Salah satu penerima bantuan, Asniah, pedagang sayur dan buah mengungkapkan kebahagiaannya karena mendapat tambahan modal untuk dagangannya.

 Ia juga bersyukur dagangannya dibeli langsung oleh Presiden Jokowi.

 "Bengkuang 1 kilo 3 ons dapat 150 (ribu rupiah). Senang banget. Terima kasih Pak Jokowi. Semoga Pak Jokowi makin sukses, jaya terus Pak Jokowi, Pak Presiden kita," ucap Asniah.

 Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut, yakni Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Pj. Gubernur Kalimantan Barat Harisson, dan Bupati Mempawah Erlina Nosran. (ANT)

 

 

Leave a comment