Penukaran di 125 Titik, BI Siapkan Uang Kartal Rp3 Triliun Sambut Idul Fitri

18 Maret 2024 22:16 WIB
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalbar Nur Asyura Anggini Sari (baju putih),saat menghadiri Serambi 2024 di Kantor Gubernur Kalbar

PONTIANAK, insidepontianak.com - merekomendasikan peningkatan penggunaan uang non tunai di tengah masyarakat Kalbar.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalbar Nur Asyura Anggini Sari menegaskan telah menyediakan uang kartal sebesar Rp3 triliun untuk menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 H /2024 M.

“Tahun 2024 di momen HKBN Idul Fitri kali ini disediakan uang kartal Rp3 triliun,” ungkapnya saat memberikan Berbagai dalam kegiatan Kick Off Serambi Ramadhan 2024 di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Senin (18/3/2024).

Dijelaskannya saat ini penggunaan uang non tunai di tengah masyarakat kian masif.

"Ketersediaan uang kartu itu menyesuaikan juga dengan semakin banyaknya orang yang sudah menggunakan transaksi non tunai," urainya.

Pada kali ini terdapat enam bank yang berpartisipasi dalam penukaran uang pecahan mulai dari Rp.5000 - Rp100.000 yakni Bank Kalbar, Bank Tespen Mandiri, Bank Mandiri, BNI, Bank BTN dan BRI.

“Untuk penukaran uang di Masjid Raya Mujahidin Pontianak mulai hari ini 18 Maret - 4 April 2024,” cetusnya lagi.

Pada momen menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H terdapat juga menyediakan penukaran uang pecahan bagi masyarakat yang membutuhkan untuk berbagi di saat hari kemenangan.

"Ada 125 titik tempat penukaran uang yang disediakan di Kalbar. Dengan hal itu kita anggap tidak ada lagi orang menukarkan uang di luar BI atau perbankan yang ada di Kalbar ini," tutupnya. ***

Leave a comment