Menuju Desa Digital, BUMDes Kaliau Sajingan Besar Kembangkan Usaha Internet Jaringan Nirkabel

18 Maret 2024 10:12 WIB
Ketua BUMDes Bangkat Barage Kaliau, Abelnus Abel. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Menjalankan visi pemerintah pusat menuju era digital, BUMDes Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas kembangkan usaha WiFi desa.

Ketua BUMDes Bangkat Barage Kaliau, Abelnus Abel, mengatakan, dengan memanfaatkan potensi daerah yang minim jaringan, serta mewujudkan visi misi pemerintah pusat menuju desa digital, mereka berinisiatif mengembangkan usaha Internet Desa dan saat ini berhasil memiliki aset terbesar di bidang WiFi.

“Unit usaha Internet Desa atau wifi, kami sudah ekspansi di 3 Desa, di luar desa kaliau, yaitu Sungai Bening, Santaban, dan Sanatab,” ucapnya.

Dengan memanfaatkan pemuda yang ada di desa, BUMDes Kaliau berhasil menjalankan usaha WiFi dengan sukses dan sudah memiliki penghasilan asli desa.

“Kita memanfaatkan pemuda yang ada di desa, kita sama-sama belajar mengupdate diri mengenai IT dan engineering, memanfaatkan peluang yang ada,” katanya.

Dengan hasil yang besar, tentunya usaha yang dikelola oleh BUMDes Kaliau juga memiliki hambatan, terutama mengenai alat dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Biar untungnya besar, tetapi pengeluarannya juga besar, banyak alat WiFi yang harganya mahal, dan juga tentunya kita harus mengupdate SDM yang ada karena mereka basicnya bukan di IT, terlebih pelatihan mengenai IT Jaringan di Kalbar itu agak sulit dan mahal,” ucap Abel.

Namun, Abel berharap dengan adanya usaha WiFi yang dikelola BUMDes Kaliau, bisa membantu para pekerja kantoran, sekolah, maupun UMKM yang ada di Desa.

“Kita tidak hanya mencari keuntungan, tetapi bagaimana usaha ini bisa membantu masyarakat setempat, cakupannya bukan hanya Kaliau saja, tetapi Kecamatan Sajingan Besar,” tuturnya. 

Sebelumnya, BUMDes Kaliau di 2018 sudah menjalankan usaha di wisata air terjun riam berasap, dan akan menambah unit usaha dengan memanfaatkan potensi desa lainnya yaitu air bersih.(nia)***

Leave a comment