• Senin, 27 Juni 2022

Bupati Jarot Serahkan 3 Gerobak kepada Pelaku Usaha Bantuan dari BKPUI Sintang

- Minggu, 20 Maret 2022 | 20:23 WIB
16944585-6e40-46aa-8b58-aca9161988e7
16944585-6e40-46aa-8b58-aca9161988e7

SINTANG, insidepontianak.com - Badan Kerjasama Pembangunan Umat Islam (BKPUI) Kabupaten Sintang menyerahkan 3 gerobak Usaha Umat kepada pelaku usaha, bantuan itu disrahkan oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, di Halaman Rumah Adat Melayu Tepak Sireh Jalan YC Oevang Oeray, Minggu (20/3/2022).

Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan kegiatan ini merupakan langkah strategis kedua yang sudah mulai dilakukan oleh BKPUI Kabupaten Sintang.

“Sebelumnya sudah mulai menanam sawit dan hari ini menyerahkan gerobak usaha. Ini untuk memberdayakan ekonomi umat dan pelaku UMKM atau ultra UMKM yang selama pandemi Corona banyak yang mati,” ujar Bupati Jarot.

Ia mengatakan, pelaku usaha yang ada di depan pendopo dan taman entuyut, terdampak karena pandemi Corona, sehingga perlu dibantu.

“Pemerintah punya banyak cara untuk membantu. Ada bantuan modal dan sebagainya. Pegadaian dan bank juga bisa membantu dengan menyalurkan KUR dengan bunga 0,5 sampai 0,6 persen. Bahkan bisa sampai 100 juta tanpa bunga,” terang Bupati Sintang

Ia menerangkan, Dinas PMPTSP sudah membuat inovasi dengan Panji Mas untuk antar jemput dokumen masyarakat pedalama yang akan urus perizinan. Sehingga ke depan, UMKM akan semakin banyak.

“UMKM sangat membutuhkan bantuan kita. Pandemi corona sudah menyapu semuanya termasuk UMKM, sehingga mereka sangat memerlukan bantuan kita. Saya berharap UMKM di Kabupaten Sintang semakin maju dan berkembang bersama. Ekonomi umat Islam bisa maju menuju Islam yang Gemilang” tutup Bupati Sintang,” ujar Bupati Jarot.

Ketua Panitia Penyerahan Gerobak Usaha Umat Andi Budiono menjelaskan, maksud penyerahan gerobak ini adalah sebagai pelaksanaan dari blue print pembangunan umat Islam Kabupaten Sintang.

“Kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan Visi Islam Gemilang yang artinya Islam yang gesit, militan dan anggun di Kabupaten Sintang tahun 2045. Selain itu, tujuan kegiatan ini adalah mendukung kapasitas usaha bagi para pedagang UMKM dan meningkatkan produktivitas pedagang atau usahawan umat Islam Kabupaten Sintang,” terang Andi Budiono.

Ia mengatakan, penerimaan bantuan gerobak usaha adalah usahawan dan UMKM yang bergerak pada makanan dan kuliner jalanan serta usaha kecil lainnya yang sudah memenuhi persyaratan seperti sudah bergadang paling tidak satu tahun, memiliki kemampuan berdagang dengan sungguh-sungguh, memiliki prospek usaha yang baik dan siap bekerjasama dengan BKPUI terang Andi Budiono.

Jumlah gerobak usaha yang diserahkan pada tahap pertama ini adalah 3 gerobak dengan 2 gerobak usaha berukuran 2,2 meter x 1,2 meter dengan biaya produksi 6 juta rupiah dan satu gerobak berukuran 1,2 meter x 6 cm dengan biaya produksi 3 juta rupiah.

“Gerobak ini tidak gratis diberikan kepada para pedagang, tetapi ada kewajiban mencicil selama 3 tahun dengan jumlah cicilan yang relatif ringan. Kami juga sudah melakukan pelatihan kewirausahaan yang diikuti 36 orang,” terang Andi Budiono. (Ril)

Editor: Jaka Iswara

Tags

Terkini

PHBI Sintang Gelar Peringatan Isra Mi’raj

Minggu, 27 Februari 2022 | 18:48 WIB
X