• Rabu, 17 Agustus 2022

Minyak Goreng Langka, Pemkab Sintang Bupati Sintang Sidak Toko dan Distributor

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 19:40 WIB
IMG-20220305-WA0009
IMG-20220305-WA0009

SINTANG ,insidepontianak.com - Menanggapi keluhan masyarakat dan informasi langka dan tingginya harga minyak goreng di Kabupaten Sintang, Pemerintah Kabupaten Bupati Sintang Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa toko, gudang dan agen Sembako di Kota Sintang, Jumat (4/3/2022). Sidak itu dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sintang Arbudin, Perwakilan Kejaksaan Negeri Sintang, Polres Sintang, Kodim 1205 Sintang dan Perwakian Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, turut dalam Sidak itu.

Ada 7 toko dan 1 distributor minyak goreng yang disidak. Hasil sidak ke toko dan gudang sembako menunjukan stok minyak goreng kosong. Sedangkan di distributor juga kosong, namun sudah mengajukan permintaan kepada produsen minyak goreng.

Tujuh pemilik toko yang di sidak oleh tim mengaku stok minyak goreng sudah kosong dan tidak ada mendapatkan kiriman stok sejak sepekan.

Untuk memastikan tidak ada penimbunan, tim juga sempat melihat langsung gudang penyimpanan barang di 7 toko tersebut. Hasilnya, gudang penyimpanan memang dalam keadaan kosong.

Terakhir, Tim melakukan sidak di Distributor Wilmar CV Sarana Makmur Sentosa di Jalan MT Haryono. Tim diterima oleh pimpinan perusahaan, Zul Susanto.

Kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus dan rombongan, Zul Susanto menyampaikan berkurangnya pasokan minyak gore g terjadi sejak Januari 2022 lalu hingga sekarang.

“Kami memang distributor minyak goreng untuk Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi. Kita terkendala di stok. Pihak Wilmar juga membatasi pengiriman ke kami. Bulan Maret 2022 ini saja, kami baru mendapatkan kiriman 1.500 dus, dan sudah saya distribusikan merata," terang Zul Susanto.

Yustinus J usai melakukan sidak menyampaikan, memang penyebab kelangkaan minyak goreng ini bukan berada di wilayah Kabupaten Sintang melainkan dari produsen minyak goreng yang memang membatasi atau mengurangi pengiriman ke Sintang.

“Dari pabrik memang mengurangi pengiriman. Kami minta kepada distributor dan toko-toko untuk tidak menaikan harga dan jangan coba-coba menimbun,” pesan Yustinus J. (Ril)

Editor: Jaka Iswara

Tags

Terkini

Melkianus Terpilih Sebagai Wabup Sintang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:48 WIB

PHBI Sintang Gelar Peringatan Isra Mi’raj

Minggu, 27 Februari 2022 | 18:48 WIB
X