• Rabu, 17 Agustus 2022

Bupati Jarot Winarno Hadiri Ritual Adat Bayar Hajat di Desa Nanga Kemangai

- Jumat, 25 Februari 2022 | 19:39 WIB
1bc7c2dd-6427-4304-b490-dac86897a0f7
1bc7c2dd-6427-4304-b490-dac86897a0f7

SINTANG, insidepontianak.com - Bupati Sintang, Jarot Winarno kembali melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Ambalau untuk menghadiri acara Ritual Adat atau Syukuran Bayar Hajat di Desa Nanga Kemangai, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Kamis (24/2/2022).

Bupati dan rombongan menuju Kecamatan Ambalau melalui jalur sungai menggunakan speedboat dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 3 jam 30 menit.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengucapkan terima kasih atas terselenggarakan acara Ritual Adat atau Syukuran Bayar Hajat yang dilaksanakan masyarakat Uud Danum di Desa Nanga Kemangai.

"Itu tanda kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa, sang pencipta alam, kita diberi kesehatan, diberi anugerah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," kata Bupati Jarot Winarno.

Jarot juga menyampaikan, pembangunan yang sudah dilakukan di Kecamatan Ambalau akan terus dilanjutkan, meskipun kondisi keuangan daerah dan negara sangat terbatas.

"Pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar desa terus dilanjut, seperti di Keremoi ke tempat lainnya, begitu juga desa yang lain,” ujar Jarot Winarno.

Jarot menambahkan padatahun ni banyak gedung sekolah, rumah guru direhab, kemudian perbaikan Jembatan Keremoi yang roboh.

“Untuk akses jalan dari Serawai menuju Ambalau menggunakan dana DAK, namun tahun ni dana pusat tidak, karena untuk penanganan Corona dan ibu kota baru. Maka kita tidak dapat dana DAK, tapi tetap kita ajukan, supaya dapat dana DAK," ujar Jarot.

Temengung Adat Kecamatan Ambalau, Junas menjelaskan, Ritual Adat atau Syukuran Bayar Hajat dari suku Uud Danum ini merupakan sejenis doa yang dipersembahkan kepada penguasa alam, penguasan langit dan bumi.

"Tentu dengan penyertaan penguasa alam, roh-roh baik, Tuhan yang Maha Esa, apa yang kita ingin, apa yang kita damba, kita harapkan terwujud sebagaimana mestinya," kata Junas. (Ril)

 

Editor: Jaka Iswara

Tags

Terkini

Melkianus Terpilih Sebagai Wabup Sintang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:48 WIB

PHBI Sintang Gelar Peringatan Isra Mi’raj

Minggu, 27 Februari 2022 | 18:48 WIB
X