• Rabu, 7 Desember 2022

Penelitian Biodiesel Dosen Unisma Malang Diakui Dunia

- Kamis, 14 April 2022 | 21:02 WIB
Unisma Dosen Biodiesel
Unisma Dosen Biodiesel

MALANG, insidepontianak.com - Dosen Teknik Mesin Unisma Malang sekaligus peneliti yang bernama lengkap Dr. Ena Marlina, S.T., M.T, salah satu penelitiannya tentang bahan bakar biodiesel telah diakui dunia, dengan dipublishnya tulisan hasil research beliau di jurnal Internasional FUEL Q1.

Menurutnya penelitian biodiesel ini dimulai dari saat menempuh kuliah Doktoral di Teknik Mesin Brawijaya. Ena memanfaatkan minyak nabati sebagai kearifan lokal menjadi bahan bakar biodiesel yang ramah lingkungan.

Penelitiannya dilatar belakangi karena viskositas minyak nabati yang tinggi sebagai biodiesel tidak dapat langsung digunakan pada mesin diesel, karena bila digunakan dalam jangka panjang dapat merusak mesin.

Beberapa penelitian untuk menurunkan viskositas nabati menurutnya sudah banyak dilakukan seperti dengan transesterifikasi, Emulsifikasi, Hidrogenasi, Preheting dan Mixing. Pada penelitiannya Dr Ena menambahkan 1,8-cineole sebagai kandungan terbesar dari minyak kayu putih untuk menurunkan viskositas minyak nabati dengan metode single droplet.

Menurutnya, percampuran minyak nabati untuk sintesis biodiesel merupakan salahsatu upaya pencarian sumber energi alternatif terbarukan. Campuran berbagai minyak nabati lebih potensial karena ketersediaannya lebih melimpah dan kurang dimanfaatkan.

Penelitian pertamanya tentang biodiesel mendapat hibah dari Kemenristekdikti dengan diterbitkannya jurnal yang tembus di Sqopus Q1, yaitu Renewable Energy, Elsevier di Universities and research Instutions in Netherlands (Belanda).

Pada tulisannya Ena membahas tentang 4 jenis minyak nabati khas Indonesia (Cruide Palm Oil, Cruide Jatropha Oil, Crude Coconut Oil dan Crude Sun Flower Oil) yang diteliti secara mendalam dan pengaruhnya terhadap karakteristik pembakaran dengan metode single droplet.

Metode single droplet adalah suatu metode yang sederhana, droplet ditempatkan pada thermocouple kemudian dilakukan pembakaran dan fenomena ignition, burning dapat dilihat dari gambar atau foto pembakaran tersebut. Metode Single Droplet ini dikenalkan pada saya oleh Prof ING Wardana, M.Eng., Ph D., sebagai promotor waktu menenpuh program doktor.

Penelitian lanjutan mendapat hibah dari HIMA Unisma dengan luaran jurnal terindex scopus Q1, yang di publish jurnal FUEL, Elsevier di Universities and research Instutions in United Kingdom (Inggris). Jurnal yang akan publish bulan April 2022 ini, sekaligus sebagai pengakuan dunia pada research blending minyak nabati dengan minyak kayu putih (1,8-Cineole).

Penelitian ini sudah lama sejak tahun 2015 dilakukan dengan melibatkan mahasiswa dan langsung diaplikasikan pada motor bakar, ujar dosen yang konsen di bidang Konversi Energi khususnya di bahan bakar dan pembakaran.

Ena merasa perlu untuk meneliti karakteristik pembakaran blending minyak nabati dan 1,8-cineole dilihat dari molekular geometri dan jumlah energinya, dengan pembuktian menggunakan program HyperCham. Minyak kayu putih metah (cruide) dari Ambon yang mempunyai kandungan terbanyak 1.8 cineole dicampurkan dengan minyak nabati terbukti menurunkan viskositas dan meningkatkan volatilitas serta meningkatkan laju pembakaran.

1,8-cineole meningkatkan reaktivitas molekul bahan bakar sehingga meningkatkan kinerja pembakaran. Elektron 1,8-cineole terdelokalisasi dan muatan polar memperbesar geometri trigliserida, sehingga meningkatkan mobilitas elektron dan memberikan ruang ekstra bagi atom untuk bergerak.

"Penambahan 1,8-cineole dalam minyak nabati meningkatkan sifat fisik dan kimia minyak nabati yang dapat meningkatkan kinerja dari mesin," ujar Ena menjelaskan hasil dari penelitiannya. Penelitian blending ini berkolaborasi dengan dosen-dosen Teknik Mesin Brawijaya, Prof. Ir. Wardana, M.Eng., Ph.D. Dr. Eng Lilis Yuliati. S.T., M.T dan Dr. Eng Widya Wijayanti, S.T., M.T.  kata beliau menambahkan.

Dari penelitian ini juga, menghasilkan beberapa tulisan yang berkolaborasi dengan peneliti dari luar, salah satunya jurnal yang di publish di Automotive Experiences berkolaborasi dengan Mitsuhisa Ichiyanagi, Departement of Engineering and Applied Science Sophia University, Tokyo, Japan. Takashi Suzuki dari Nanyang Technological Singapore dan Gabriel dari Technical University of Munich Taufkirchen Germany. Dan sekarang sedang proses berkolaborasi menulis book chapter tentang trigliserida dengan publiser IntechOpen, London.

Ia berharap dengan risetnya ini bisa menyumbangkan pemikiran untuk pengembangan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan kearifan lokal yang dimiliki Indonesia. Tidak semua Negara memiliki tumbuhan lokal yang Indonesia punya, salah satunya minyak nabati dan minyak atsiri, sehingga kita perlu mengenalkan itu ke dunia internasional melalui riset. (*)

*)Penulis: Dr. Ena Marlina, S.T., M.T, Dosen Teknik Mesin Universitas Islam Malang (UNISMA)

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

Predator Paling Ditakuti Hiu Putih Besar

Jumat, 8 Juli 2022 | 10:06 WIB
X