• Jumat, 2 Desember 2022

Wajah Affandi yang Lain, Anggota Dewan PKI Hingga Lembaga Kebudayaan Rakyat (Bagian 2)

- Senin, 23 Mei 2022 | 22:46 WIB
Pelukis Affandi pernah memimpin lembaga seni PKI, Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). Dia bahkan pernah menjadi wakil Partai Komunis Indonesia di Dewan Konstituante.   (gasbanter.com)
Pelukis Affandi pernah memimpin lembaga seni PKI, Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). Dia bahkan pernah menjadi wakil Partai Komunis Indonesia di Dewan Konstituante. (gasbanter.com)

YOGYAKARTA, insidepontianak.com - Setelah 4 tahun mewakili PKI di Dewan Konstituante di Jakarta, Affandi kembali ke habitat Lembaga Kebudayaan Rakyat di Yogyakarta.

Affandi salah satu pimpinan pusat Lembaga Kebudayaan Rakyat. Selain dia anggota parlemen PKI sampai tahun 1959, setelah itu Affandi menjadi pimpinan pusat Lekra, khususnya dibidang seni rupa,” kata Muhidin M Dahlan.

Menurut Muhidin disitu uniknya Lembaga Kebudayaan Rakyat. Tidak seperti seniman -PKI- lainnya, Affandi mungkin satu-satunya pemimpin Lekra yang bukan beraliran lukis realisme sosialis.

Lukisan-lukisan Affandi banyak menggambarkan potret diri sendiri. Tidak gamblang mencitrakan soal situasi sosial masyarakat, seperti kebanyakan lukisan realisme sosialis.

Affandi membawahi langsung bidang seni rupa Lekra yang bernama Lesrupa atau Lembaga Seni Rupa/ Lekra. Di situ dia bersama Basuki Resbowo dan Hendra Gunawan.

Affandi menurut saya cara lain kita memahami internal Lekra. Bahwa Lekra tidak setunggal itu. Ada warna lain namanya Affandi. Ekspresionisme yang dia bawa ke Lekra, tapi dia tetap diterima.”

Lalu datanglah peristiwa ’65. Penggalan sejarah ini kemudian mengubah cerita Affandi sepenuhnya.

“Kita mengalami dentuman besar dalam politik. Tragedi itu meletus. Lalu dimana Affandi? Bagaimana ceritanya dia bisa selamat?”

Peristiwa Affandi selamat dari pembunuhan massal ’65 tercatat pada nukilan buku “Urip Mung Mampir Ngguyu 60 Tahun Butet Kertaredjasa”.  

Dalam buku itu diceritakan bagaimana Bagong Kussudiarjo menyelamatkan banyak seniman, terutama anggota sanggar Pelukis Rakyat dan Ketoprak Krido Mardi.

Halaman:

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

LASEM Gelar Budaya Pesona Madura Kalbar

Senin, 27 Desember 2021 | 09:38 WIB

Rakusnya Monopoli Gas dan Mirisnya Nasib Rakyat

Minggu, 26 September 2021 | 17:49 WIB
X