• Jumat, 2 Desember 2022

Event Budaya Gawia Sowa Diharap Datangkan Wisatawan dan Bangkitan Geliat Kesenian

- Selasa, 19 April 2022 | 22:29 WIB
Ricki Hamonangan Silalahi
Ricki Hamonangan Silalahi

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bengkayang, Ricky Hamonangan Silalahi berharap, event budaya Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi, di Jagoi Babang yang rencananya digelar pada 3 Juni 2022, membangkitkan semangat jiwa penggiat kesenian, dan bisa mendatangkan banyak wisatawan.

Event Gawia Sowa sendiri telah ditetapkan menjadi event nasional oleh Kementerian Pariwisata. Sejak pandemi, Gawia Sowa tak pernah lagi digelar. Terakhir, pagelaran budaya tahunan itu, dilaksanakan pada Juni 2019.

"Selama pandemi Covid-19, event kesenian kurang, adanya event besar ini gairah para penggiat seni dapat hadir kembali," harap Hamonangan Silalahi, Selasa (19/4/2022).

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menjadikan keakraban interaksi pemerintah daerah dengan pemangku adat. Serta dapat menjalin kerja sama yang baik antara pihak instansi terkait dalam mewujudkan dan mengangkat seni budaya daerah.

“Event Gawia Sowa bisa menjadi daya tarik wisatawan, datang ke perbatasan Bengkayang-Malaysia. apalagi Gawia Sowa' yang berada di dalam masyarakat suku Dayak Bidayuh di wilayah perbatasan, merupakan ruang tamu atau beranda depan NKRI," ucapnya.

"Adat budaya harus selalu dilestarikan, dan diperkenalkan kepada publik agar identitas budaya di daerah tetap terjaga," tutupnya.

Gawia Sowa sendiri merupakan ritual adat untuk menyampaikan syukur pada Tuhan serta roh leluhur yang diyakini bersemayam di gunung, hutan, dan lembah. Ritual Gawia Sowa memiliki pesan moral sebagai suatu konsep kebersamaan seluruh pilar kemasyarakatan.

Terutama dalam membangun moralitas, meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Selain ucapan syukur, makna Ritual Gawia Sowa juga memberi sesajian atau persembahan pada benda pusaka yang disimpan di rumah adat, yang disebut Sigal Paad Sadih.

Editor: Teguh Agung Baruna

Tags

Terkini

LASEM Gelar Budaya Pesona Madura Kalbar

Senin, 27 Desember 2021 | 09:38 WIB

Rakusnya Monopoli Gas dan Mirisnya Nasib Rakyat

Minggu, 26 September 2021 | 17:49 WIB
X