• Jumat, 2 Desember 2022

Pembangunan Dua Rumah Adat Di Ketapang Lanjut Tahun Ini

- Kamis, 17 Februari 2022 | 13:56 WIB
WhatsApp Image 2022-02-17 at 10.24.54
WhatsApp Image 2022-02-17 at 10.24.54

KETAPANG, insidepontianak.com – Tahun 2022 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Ketapang kembali menganggarkan lanjutan pembangunan rumah adat. Baik rumah adat Dayak di Kecamatan Sungai Laur dan finishing rumah adat Melayu di Kecamatan Sandai.

Kepala Disbudpar Ketapang, Absolon mengatakan, pihaknya berkomitmen menyelesaikan pembangunan rumah adat yang ada di Kabupaten Ketapang, meski dilakukan bertahap.

"Pembangunan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah. Makanya kita bertahap menyelesaikan pembangunan rumah adat yang sudah dalam proses pembangunan," katanya, Rabu (15/2/2022).

Menurutnya, keberadaan rumah adat sendiri sangat penting. Selain dinilai sebagai simbol budaya, rumah adat ini juga menjadi tempat untuk berkumpul dan melaksanakan aktivitas positif.

"Untuk tahun ini yang sudah dianggarkan pembangunan rumah adat Dayak sungai laur dan finishing rumah adat Melayu di Sandai," tuturnya.

Absolon menambahkan, meskipun keberadaannya dinilai penting, namun dalam pelaksanaannya ia menegaskan harus sesuai prosedur. Mulai dari perencanaan, penganggaran hingga pembangunan yang di dalamnya termasuk mengenai aset tanah lokasi pembangunan.

"Pembangunan rumah adat ini ada yang dengan sistem ganti rugi lahan atau pembelian sesuai prosedur yang ada. Jadi tidak mungkin ada pembangunan yang menyerobot lahan atau tanah warga tanpa ganti rugi," tegasnya.

Saat ini, diakuinya masih ada pembangunan rumah adat yang bakal menjadi ikon daerah, namun belum rampung 100 persen. Diantaranya rumah adat Melayu, rumah adat Jawa dan Rumah adat dayak. Bahkan diakuinya kalau pihaknya juga sedang merencanakan pengadaan tanah untuk pembangunan rumah adat Madura dan rumah budaya Tionghoa.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

LASEM Gelar Budaya Pesona Madura Kalbar

Senin, 27 Desember 2021 | 09:38 WIB

Rakusnya Monopoli Gas dan Mirisnya Nasib Rakyat

Minggu, 26 September 2021 | 17:49 WIB
X