• Rabu, 5 Oktober 2022

Lautan Manusia di Atraksi Barongsai Tahun Baru Imlek, Tuai Kecaman Warganet

- Jumat, 4 Februari 2022 | 09:15 WIB
42107-kerumunan-penonton-festival-barongsai-saat-imlek-tiktokatwawanartiz
42107-kerumunan-penonton-festival-barongsai-saat-imlek-tiktokatwawanartiz

PONTIANAK, insidepontianak. com – Perayaan Tahun Baru Imlek masih terasa hingga sejumlah perayaan dan atraksi masih dilakukan. Seperti aksi barangsai di salah satu mall di Bandung. Bukan, masalah barangsai yang mendapat kritikan tajam tapi lautan manusia yang datang itu.

Dengan situasi Pandemi COVID-19, pemerintah menerapkan protokol kesehatan dengan tidak berkerumun, termasuk Tahun Baru Imlek. Namun, video yang viral di TikTok memperlihatan lautan manusia berjejal tanpa menjaga jarak.

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Selasa (1/2/2022) kemarin membuat tempat-tempat umum masih diperkenankan buka, bahkan turut menggelar agenda seperti festival barongsai untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Sayangnya kelonggaran protokol kesehatan ini malah berujung dengan terbentuknya lautan manusia yang tentu sangat rawan di tengah wabah COVID-19. Termasuk terekam di sebuah video oleh akun TikTok @wawanartiz yang kini menjadi buah bibir panas.

Bagaimana tidak? Tampak perayaan Tahun Baru Imlek dengan barongsai di salah satu pusat perbelanjaan itu dipadati oleh banyak sekali pengunjung. Orang-orang tanpa ragu berkerumun demi menyaksikan aksi barongsai yang ikonik saat Tahun Baru Imlek, meski memang setiap pengunjung juga terlihat mengenakan masker. Tapi, tak menjaga jarak seperti aturan dalam protokol kesehatan.

Situasi ini terekam di hampir semua lantai sebuah pusat perbelanjaan. Tak pelak warganet yang menyaksikan video tersebut sampai mengamuk dan membandingkannya dengan kebijakan yang diterapkan selama Ramadan dan Idul Fitri dua tahun belakangan.

"Entar giliran lebaran ppkm tingkat dewa," sindir seorang warganet, seperti dikutip Suara.com.

"Coronanya gak ada lagi pulang kampung nanti puasa dan idul fitri balek lagi stay sampai idul adha terus baru pulang kampung lagi," komentar warganet lain dengan tidak kalah pedas.

"Jangan bawa-bawa ras/agamanya karena yang salah adalah penegakan aturannya.. Semoga aturan bisa ditegakkan dimanapun n pada siapapun," imbuh warganet lain, mengingatkan agar rasa kesal yang terjadi tidak sampai menimbulkan masalah di antara kerukunan umat beragama.

Mengutip kolom komentar, festival barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek ini terekam diadakan di salah satu pusat perbelanjaan di kota Bandung, Jawa Barat. Karena itulah, kini Satpol PP setempat pun siap memeriksa penyelenggara lantaran dianggap sudah melanggar peraturan protokol kesehatan yang berlaku.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

LASEM Gelar Budaya Pesona Madura Kalbar

Senin, 27 Desember 2021 | 09:38 WIB

Rakusnya Monopoli Gas dan Mirisnya Nasib Rakyat

Minggu, 26 September 2021 | 17:49 WIB
X