• Sabtu, 25 Juni 2022

Sekda Kubu Raya: MTQ Sarana Jalin Silaturahmi dan Persaudaraan

- Selasa, 18 Juni 2019 | 14:12 WIB
MTQ
MTQ

KUBURAYA, insidepontianak.com – Sekda Kubu Raya, Yusran Annizam mengatakan, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan sarana menjalin silaturahmi dan persaudaraan antar sesama.

Hal itu dikatakan Sekda, ketika membuka MTQ di Desa Sumber Agung, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya. Desa itu ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke VI tingkat Kecamatan Batu Ampar. MTQ dilaksanakan sejak 17 Juni hingga 22 Juni 2019.

Kegiatan MTQ ke VI tingkat Kecamatan Batu Ampar dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya, Yusran Annizam di Halaman SD Negeri 28, Desa Sumber Agung, Senin (17/6/2019) malam.

Yusran menegaskan, MTQ ke VI di Kecamatan Batu Ampar akan menjadi suatu kenangan, semangat bagi masyarakat Kubu Raya, khususnya bagi masyarakat Kecamatan Batu Ampar. Untuk itu, ia mengingatkan, MTQ bukan sekedar festival, dan kegiatan seremonial.

"Sesuai dengan maksud dan tujuan, MTQ mempunyai makna yang luar biasa. Di sini kita juga berkesempatan untuk menjalin silaturahmi, meningkatkan ukhuwah islamiyah bagi seluruh masyarakat," kata Yusran.

Melalui penyelenggaraan MTQ ini diharapkan, ada nilai-nilai syiar. Melalui MTQ ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pengamalan nilai-nilai Aquran.

Yusran menambahkan, Kubu Raya sudah mencatat sejarah dalam pelaksanaan MTQ tingkat nasional. Yakni, qoriah asal Kubu Raya berhasil meraih juara di tingkat nasional, yakni Khairunnisa dari Teluk Pakedai.

"Batu Ampar juga pernah menjadi juara dua, pada MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya," terangnya.

Diharapkan Yusran, pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar seleksi atau lomba begitu saja. Maksud dan tujuan MTQ, agar lebih banyak masyarakat yang memahami dan mengamalkan Alquran.

"Kita semua ingin membumikan dan mensyiarkan Alquran kepada semua masyarakat, sehingga terwujud generasi-generasi yang qurani," tuturnya.

Adapun cabang perlombaan pada pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Batu Ampar yakni, tartil putra dan putri, tilawah anak-anak putra dan putri, tilawah remaja putra dan putri, tilawah dewasa putra dan putri, fahmil quran putra dan putri, syahril putra dan putri, kaligrafi naskah putra dan putri, kaligrafi dekorasi putra dan putri, kaligrafi hiasan mashaf putra dan putri, hafidz satu juz putra dan putri, khafidz lima juz putra dan putri, hafidz 10 juz putra dan putri, serta hafidz 20 juz putra dan putri.

Jumlah peserta dari 15 desa di Kecamatan Batu Ampar, sebanyak 111peserta. Peserta putra sebanyak 106 dan peserta putri sebanyak 105 peserta. (IP-01)

 

Editor: insidepontianak.com

Tags

Terkini

LASEM Gelar Budaya Pesona Madura Kalbar

Senin, 27 Desember 2021 | 09:38 WIB

Rakusnya Monopoli Gas dan Mirisnya Nasib Rakyat

Minggu, 26 September 2021 | 17:49 WIB
X