• Rabu, 29 Juni 2022

Banyak Protes Daerah, Perekrutan Guru PPPK Tahap III Sanggau Disusun Ulang

- Rabu, 30 Maret 2022 | 17:12 WIB
WhatsApp Image 2022-03-30 at 14.28.48
WhatsApp Image 2022-03-30 at 14.28.48

SANGGAU, Insidepontianak.com - Perekrutan guru pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap III di Kabupaten Sanggau masih belum bisa dilaksanakan.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Sanggau, Paulus, hingga saat ini Kementerian Pendidikan masih menyusun ulang aturan yang ada, karena banyak protes dari daerah.

“Hal ini bukan hanya menyangkut soal bolehnya pendaftar dari luar, tapi juga soal gaji mereka yang juga dibebankan pada APBD. Banyak yang tak setuju,” kata Paulus, Rabu (30/03/2022).

Untuk tahap III ini, kata Paulus, yang menjadi soal adalah pendaftar dari daerah lain bisa ikut datang ke Sanggau. Ketika yang dari luar diterima nantinya, dikhawatirkan akan menimbulkan gejolak di daerah.

“Jadi di Kementerian mereka sudah mikir, sekarang masih belum final. Apakah nanti diteruskan atau tidak. Yang jelas dikaji ulang untuk tahap III,” ujarnya.

Terkait soal anggaran, kata Paolus, juga sempat ditanyakan Komisi I DPRD Sanggau kepada Kementerian Pendidikan.

“Anggaran itu ternyata dibebankan oleh daerah (APBD). Ini problemnya. Daerah terbebani. Karena itu tidak ada penambahan dari pusat. Pusat hanya mengatur mekanisme penerimaan tapi anggarannya di kita. Itu tentu sangat memberatkan,” ungkapnya.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi membenarkan bahwa anggaran PPPK dibebankan pada APBD. Sebagai kepala daerah ia berharap hal ini disuarakan oleh banyak pihak dari beberapa kabupaten/kota.

“Sebaiknya kalau ada penambahan seperti ini, juga ada penambahan khusus anggaran. Walaupun kami pernah diberi tahu, ini pernah ditambah, tapi struktur APBD kita bisa baca juga,” ujarnya singkat. (Can).

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X