• Rabu, 29 Juni 2022

Wabup Yohanes Ontot Berorganisasi Cara Manusia Bersosialisasi

- Jumat, 25 Maret 2022 | 19:17 WIB
fcb4cb83-943e-4599-a78a-0ba3e2883d70
fcb4cb83-943e-4599-a78a-0ba3e2883d70

SANGGAU, insidepontianak.com - Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri pelantikan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Persiapan Sanggau Cabang Pontianak periode 2022-2023, di aula lantai II Perpustakaan Daerah (Pusda) Sanggau, Jumat (25/3/2022).

Dalam sambutannya, Wabup Yohanes Ontot menyampaikan berorganisasi merupakan cara manusia bersosialisasi dan berkontribusi serta berkomunikasi. Termasuk di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.

"Tidak semua orang bisa menjadi pengurus organisasi. Oleh karena itu harus lebih semangat dan percaya diri. Setiap organisasi dibentuk pasti memiliki tujuan baik secara internal maupun eksternal,” ujar Wabup Yohanes Ontot.

Ia menerangkan, secara internal, tentunya untuk mengembangkan kemampuan masing-masing anggota baik secara kepemimpinan maupun keorganisasian. Kemudian, secara eksternal dalam rangka membantu dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Bagaimana membantu dan memberikan sesuatu yang terbaik untuk daerah. Oleh sebab itu, kekuatan organisasi secara internal harus dibentuk. Jangan sampai pecah," jelas Wabup Ontot.

Terkait kritik ala mahasiswa kepada pemerintah, kata Wabup Ontot, untuk kedepan, ada pola-pola yang dapat diubah. Tidak selamanya mesti mobilisasi masa, dan akhirnya lekat dengan aksi-aksi demonstrasi yang terkesan negatif dan berdampak pada image mahasiswa itu sendiri.

"Kritik-kritik kepada pemerintah atau lainnya melalui demonstrasi memang kerap menimbulkan masalah dan hal negatif. Walaupun tidak semuanya begitu. Tetapi itu tugas mahasiswa sebagai kontrol. Terkecuali, demonstrasi yang karena hal-hal sangat urgen,” ujarnya.

Wabup Ontot juga menegaskan agar kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak dan kemampuan menganalisis persoalan menjadi hal yang mesti dijaga betul oleh organisasi kemahasiswaan, termasuk HMI di Sanggau.

"Dengan berbagai masalah yang dihadapi saat ini, sudah seharusnya generasi-generasi cerdas dan intelektual harus bertindak secara cerdas dan rasional agar tidak salah mengambil tindakan. Saya kira HMI juga harus begitu. Saya harap, apapun organisasinya bisa membantu pemerintah dalam pembangunan," terangnya.

Apalagi saat ini, lanjut Ontot, negara sedang terancam dengan narkoba. Karena narkoba sudah sampai ke kampung-kampung.

Ia berharap mahasiswa (HMI) ini juga membantu untuk membentengi kalangan muda, terutama dari narkoba maupun hal-hal negatif lainnya.

“Selamat kepada para pengurus yang sudah dilantik. Setahu saya menjadi pengurus organisasi itu tidak mudah. Tetap amanah sebagaimana rambu-rambu organisasi," pungkasnya. (Candra)

Editor: Jaka Iswara

Tags

Terkini

X