• Rabu, 29 Juni 2022

Berkah Ramadan, Omzet Penjualan Pendekar Kelapa Muda di Pontianak Meningkat

- Selasa, 12 April 2022 | 16:07 WIB
Pedagang Kelapa Muda Pontianak
Pedagang Kelapa Muda Pontianak

"Pendekar Kelapa Muda". Baner itu terpampang di pinggir Jalan Prof M Yamin Pontianak. Tumpukan kelapa muda menghijau. Seorang lelaki, mengenakan busana bak pendekar. Cekatan mengayunkan golok membelah kelapa. Lelaki itu bernama, Jumaidi.

Dia adalah pemilik lapak “Pendekar Kelapa Muda”. Sudah enam tahun berjualan. Bulan Ramadan membawa berkah tersendiri bagi lelaki berkepala plontos itu. Kelapa mudanya laris manis. Kalau sore hari, pembeli berjejer mengantre. Jumaidi pun sigap melayani.

Tangannya bergerak cepat. Cukup sekali hentakan, kelapa muda terbelah dengan goloknya yang tajam. Air kelapa segera dimasukkan ke dalam wadah. Sedangkan isi kelapa dikeruk. Setelah itu, dicampur dan dibungkus ke dalam plastik.

Jumaidi mengatakan, selama puasa ini, penjualan kelapa muda laris manis. Omzet penjualannya pun naik drastis. Hingga 100 persen, dibanding hari-hari biasanya.

"Alhamdulillah, peminat kelapa muda meningkat drastis selama Ramadan," kata Jumaidi, pemilik lapak 'Pendekar Kelapa Muda' yang berlokasi di pinggir Jalan Prof M Yamin Pontianak.

Jumaidi menyebut, nama lapak 'Pendekar' disematkan, karena dia berjualan memakai kostum ala pendekar. Khas. Keunikan ini, menjadi strategi bagi Jumaidi untuk menarik pembeli. Ide ini terbukti manjur. Pembeli ikut terhibur dengan eksentriknya itu.

Menurut Jumadi, lapak dagangan kelapa mudanya memang tak pernah sepi. Hari-hari biasa selalu ramai. Rata-rata kelapa muda terjual sekitar 200-500 buah per hari. Tapi, saat bulan puasa semakin ramai. Bahkan, per hari, kelapa muda bisa terjual 500 sampai 700 buah.

"Es kelapa muda ini jadi pilihan minuman berbuka puasa masyarakat," kata dia.

Per buah kelapa muda, dijual dengan harga Rp7 ribu. Kelapa-kelapa tersebut didatangkan dari wilayah Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Jumaidi berharap, penjualan kelapa muda terus meningkat hingga Idulfitri.

Manfat Air Kelapa Muda

Air kelapa bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa, setelah seharian menahan lapar dan haus. Air kelapa muda sangat baik untuk menambah asupan cairan.  Mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari laman halodoc, air kelapa muda memiliki banyak manfaat. Mulai dari menangkal radikal bebas, hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa didapat dari berbuka puasa dengan air kelapa?

Setelah berpuasa, tubuh tentu menginginkan asupan yang bisa menyegarkan. Nah, konsumsi air kelapa nyatanya bisa memberikan kesegaran secara alami. Air kelapa mengandung gula dan elektrolit. Dan tiap 30 mililiter air kelapa hanya mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.

Dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh adalah kondisi yang harus dihindari. Kondisi ini rentan menyerang setelah seseorang tidak mengonsumsi cairan dalam jangka panjang, misalnya saat berpuasa. Nah, kamu bisa dengan cepat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan konsumsi air kelapa saat berbuka puasa.

Air kelapa juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral tubuh. Sebab, tiap 30 mililiter air kelapa, mengandung 60 miligram kalium dan 5,5 miligram natrium. Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Rutin mengonsumsi air kelapa juga bisa membantu menangkal radikal bebas. Air kelapa bersifat antioksidan. Mampu mengatasi racun-racun dan zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat utuh, disarankan sebaiknya, konsumsi air kelapa murni tanpa ada campuran apapun. Selain itu, sebaiknya hindari berlebihan dalam mengonsumsi air kelapa. Batas aman minuman ini adalah tidak lebih dari satu gelas per hari. Meski tergolong sehat, satu hal yang perlu diingat adalah air kelapa tetap mengandung kalori.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pontianak Fokus Pengentasan Kawasan Kumuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:11 WIB
X