• Senin, 8 Agustus 2022

Dewan Kalbar Dukung Gubernur Sutarmidji Audit Pajak Kendaraan Perusahaan Sawit

- Sabtu, 13 November 2021 | 15:10 WIB
Prabasa Anantatur
Prabasa Anantatur

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kalbar, Parabasa Anantatur mendukung sikap Gubernur Kalbar Sutarmidji yang berencana melakukan audit Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) perusahaan sawit yang diduga banyak menunggak pajak.

"Sawit ini memang jadi bahan pemikiran kami di DPRD. Di situ banyak pajak kendaraan bermotor, BPNKB, alat berat dan pajak air permukaan (PAP). Kita mau sasar di situ," kata Prabasa Anantatur, Sabtu (13/11/2021).

Prabasa menyebut, DPRD Kalbar memang terus menyoroti persolan sawit. Bahkan, DPRD Kalbar berencana membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang jalan khusus yang boleh dilewati angkutan sawit.

Raperda itu untuk meminimalisir kerusakan jalan akibat kendaraan pengangkut sawit. Sebab, di lapangan pengusaha perkebunan sawit banyak mengunakan jalan kabupaten mengangkut sawit. Sementara volume angkutan barang dengan kemampuan jalan tak seimbang.

"Bayangkan, jalan kabupaten dilewati sekian ton. Sedangkan jalan kabupaten tidak ada nilai kontruksinya. Jadi hancur," kata dia.

Di Kalimantan Tengah sendiri, Raperda pengaturan jalan khusus untuk angkutan sawit kata Prabasa suah ada. Untuk itu, DPRD Kalbar berencana membuat Raperda serupa bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

"Raperda ini baru akan diusulkan," pungkasnya.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X