• Rabu, 7 Desember 2022

Survei Indometer: Prabowo dan Anies atau Anies dan Puan Kans Menang. Tapi Ini Hanya Simulasi Pilpres

- Senin, 29 Agustus 2022 | 15:33 WIB
Tangkapan layar-Hasil simulasi capres-cawapres tiga pasangan pertama oleh INDOMETER, diterima di Jakarta, Senin (29/8/2022).
Tangkapan layar-Hasil simulasi capres-cawapres tiga pasangan pertama oleh INDOMETER, diterima di Jakarta, Senin (29/8/2022).

JAKARTA, insidepontianak.com – Pasangan Calon Presiden atau Capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan atau pasangan Capres Anies Baswedan dan Puan Maharani, ternyata unggul dalam simulasi Pemilihan Presiden (Pilpres). Hal itu berdasarkan hasil survei Indometer.

Direktur Eksekutif Indometer Leonard menyebutkan berdasarkan hasil survei Indometer, Pasangan Capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan atau diputar, Anies Baswedan dan Puan Maharani ternyata unggul dalam simulasi Capres.

Pada simulasi tiga pasangan Capres, pasangan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan unggul dengan elektabilitas mencapai 44,3 persen.

Angka tersebut mengalahkan hasil survei terhadap pasangan Ketua DPR RI Puan Maharani dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang meraih 28,8 persen serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir dengan perolehan 22,3 persen; sedangkan 4,6 persen menjawab tidak tahu.

Baca Juga: Hasil Survei Pemilu 2024 PRMN dan Promedia: 59,7 Persen Responden Setuju Capres Independen

Sementara itu, pasangan Anies-Puan dalam simulasi pilpres Indometer meraih 40,4 persen, sementara Ganjar-Andika sebanyak 32,2 persen dan Prabowo-Khofifah mendapat 22,4 persen); sisanya 5 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Lebih lanjut, terdapat simulasi di mana pasangan Prabowo-Puan unggul dengan elektabilitas 37,7 persen, Ganjar-Erick meraih 30,4 persen, Anies-AHY mendapat 28,3 persen, dan 3,6 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Pada simulasi empat pasangan, pasangan Ganjar dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto unggul dengan 32,3 persen, diikuti pasangan Anies dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 29,7 persen, Prabowo dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mendapat 18,4 persen, Puan-Andika sebanyak 12,8 persen, dan 6,8 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

"Dengan masih berlakunya ketentuan presidential threshold (PT) 20 persen, paling banyak dapat terbentuk empat pasangan capres-cawapres, kemungkinan hanya tiga atau bahkan dua pasang saja," jelas Leonard.

Sementara itu, ada sejumlah nama yang bakal diusung PDI Perjuangan, seperti Andika Perkasa, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X