• Minggu, 25 September 2022

Pidato Lengkap Presiden Jokowi Sidang Tahunan MPR 2022

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:27 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).  (ANTARA/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)


JAKARTA, insidepontianak.com - Presiden Jokowi menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI, dan Sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Pidato Lengkap Presiden Jokowi berisi tantangan maupun kesempatan bagi Indonesia untuk dapat menjadi negara yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Berikut Pidato Lengkap Presiden Jokowi yang membacakannya dengan mengenakan Baju Paksian asal provinsi Bangka Belitung dominan hijau dan memiliki motif "pucuk rebung" yang melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan dan pertumbuhan.

Baca Juga: Usai Jalani Sidang Vonis, Bahar Smith Serukan NKRI dan Pancasila Harga Mati 

Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air
Para hadirin yang berbahagia

Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara,di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit.

Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi. Seratus tujuh negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan.

Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan.

Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7%. Jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenang Eril, Ridwan Kamil Posting Zara Masuk ITB

Kamis, 15 September 2022 | 11:06 WIB

Pakar Hukum Tegaskan Pemecatan Ferdy Sambo Sudah Tepat

Minggu, 28 Agustus 2022 | 21:27 WIB
X