• Senin, 3 Oktober 2022

Dewan Senayan: Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani Minta Pemerintah Tindak Tegas Pengiriman PMI Ilegal

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:30 WIB
Anggota DPR RI Christina Aryani (ANTARA/HO-DPP Partai Golkar)
Anggota DPR RI Christina Aryani (ANTARA/HO-DPP Partai Golkar)

JAKARTA, insidepontianak.com - Pemerintah harus pastikan praktik-praktik pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal, khususnya ke Malaysia, benar-benar diawasi dan pelakunya ditindak tegas, kata Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani, Selasa (9/8/2022).

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani memandang perlu Pemerintah mengawasi implementasi nota kesepahaman (MoU) penempatan PMI di Malaysia.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani terkait dengan MoU penempatan pekerja migran domestik antara Indonesia dan Malaysia serta mulai dibukanya pengiriman PMI ke Malaysia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Mempawah Terbesar di Pulau Kalimantan

Menurut Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani, langkah-langkah tersebut perlu agar MoU tersebut jangan membuat Indonesia berpuas diri. Pasalnya, persoalan marginalisasi PMI yang selama ini dilawan akan beres dengan sendirinya, sementara pengiriman ilegal masih marak terjadi.

"Ini perlu jadi catatan Komisi I DPR untuk Pemerintah sehingga upaya pelindungan terhadap PMI berjalan simultan," ujarnya.

Ia berpendapat bahwa kasus yang menimpa PMI selama ini, khususnya yang di Malaysia, akibat pengiriman ilegal (unprocedural). Oleh karena itu, MoU antara Indonesia dan Malaysia harus dibarengi dengan implementasi komitmen pemberantasan mafia pengiriman PMI secara ilegal.

"Pintu-pintu masuk Malaysia melalui 'jalur tikus' itu harus dipastikan pengawasannya dilakukan maksimal. Jika ternyata masih ada oknum atau pihak tertentu yang memfasilitasi, harus ditindak tegas. Kami percaya dengan komitmen Panglima TNI dalam upaya bersama memberantas ini," katanya.

Baca Juga: Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Presiden Jokowi Berharap Muncul Daya Saing dengan Peresmian Pelabuhan

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenang Eril, Ridwan Kamil Posting Zara Masuk ITB

Kamis, 15 September 2022 | 11:06 WIB

Pakar Hukum Tegaskan Pemecatan Ferdy Sambo Sudah Tepat

Minggu, 28 Agustus 2022 | 21:27 WIB
X