• Senin, 3 Oktober 2022

Dewan Senayan: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Pertanyakan ASN Masih Terima Bansos

- Senin, 1 Agustus 2022 | 17:25 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ANTARA/Muhammad Zulfikar.)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ANTARA/Muhammad Zulfikar.)

JAKARTA, insidepontianak.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk menjelaskan penyebab masih adanya aparatur sipil negara (ASN) yang menerima bantuan sosial (bansos).

"Kemensos harus menjelaskan ASN dan orang dari kalangan mampu, namun terdaftar di Ditjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai penerima bansos," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo katakan, Kemensos yang saat ini dipimpin oleh Tri Rismaharini mengatakan terdapat sejumlah temuan terkait data penerima bansos yang dilaporkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca Juga: Ketua KPU RI Hasyim Asyari Sebut Sembilan Parpol Daftar ke KPU

Temuan tersebut merupakan akumulasi dari beberapa tahun sebelumnya. Selain itu, kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, BPK juga mendapati temuan oleh perbankan senilai Rp100 miliar yang belum dikembalikan.

Menanggapi hal itu, mantan Ketua DPR RI tersebut meminta Kemensos untuk segera memberikan penjelasan agar tidak menimbulkan kegaduhan di tengah publik.

Selain menunggu penjelasan dari Kemensos, Bambang mengatakan Kemensos harus segera memperbaiki dan memberikan solusi terbaik untuk jangka menengah dan panjang penyebab masih terjadinya sengkarut data penerima bansos.

Baca Juga: Alami Deflasi Tiga Bulan Berturut-turut, Kepala BPS Sebut Upaya Pemerintah Jaga Harga Minyak Goreng Berhasil

Seharusnya, kata Bamsoet sapaan akrabnya, pendataan yang tidak sesuai dari tahun-tahun sebelumnya sudah bisa diselesaikan. Dengan demikian, ketidaksesuaian data penerima bansos dapat ditekan atau diminimalisir.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenang Eril, Ridwan Kamil Posting Zara Masuk ITB

Kamis, 15 September 2022 | 11:06 WIB

Pakar Hukum Tegaskan Pemecatan Ferdy Sambo Sudah Tepat

Minggu, 28 Agustus 2022 | 21:27 WIB
X